FOLLOW US :        
 
17 Maret 2017
AWAS, MAKANAN INI MERUSAK GIGIMU!

Nggak ada orang yang pingin giginya ompong, termasuk grandpa dan grandma. Gigi berperan penting bagi Superkids dalam mengunyah makanan. Tanpa gigi, Superkids mungkin butuh waktu berjam-jam menghabiskan tenderloin steak yang lembut. Tanpa gigi, suara yang dihasilkan saat berbicara juga terdengar kurang sempurna. Itulah kenapa gigi sehat harus selalu dijaga. Beberapa makanan kesukaan anak-anak adalah musuh bebuyutan yang pandai merusak gigi. Berikut ini misalnya.

 

Permen Keras. Permen jenis ini disukai karena rasanya yang manis dan awet, alias nggak cepat habis. Permen keras biasanya dihabisin setelah dikulum lama, atau dipecahin kecil-kecil dengan cara digigit. Penuh gula dan sulit dikunyah membuatnya berbahaya bagi kesehatan gigi. Mau tahu bayanya? Gigi bisa bolong dan rasanya sakiiiiiiiiiiit banget! Alternatifnya, kunyah permen karet bebas gula aja. Rasanya seger dan awet di mulut.

 

Es Batu. Es batu itu fungsinya dinginin minuman, bukan buat dikunyah. Beberapa orang menganggap es batu bagus untuk gigi. Selain berbahan air murni, dia pun nggak mengandung gula atau bahan-bahan tambahan lain. Padahal, mengunyah yang keras dan dingin seperti es batu, mengancam kesehatan gigi. Kerusakan enamel bisa terjadi, dan kalau diterus-terusin jelas bikin gigi lubang. Solusinya, hentikan kebiasaan buruk itu dan nikmati air dalam bentuk cair.

 

Minuman Asam. Sering-sering mengonsumsi minuman maupun makanan asam sangat berpotensi merusak lapisan gigi. Jadi, meskipun irisan jeruk atau lemon bisa membuat air putih dingin terasa lebih segar dan terlihat keren, ini bukan pilihan terbaik bagi kesehatan mulut Superkids. Buah-buahan dan jus yang rasanya kecut pun sama. Sebagai pengganti, mending lebih sering minum air mineral saja.

 

Makanan Lengket. Ini mimpi buruk untuk gigi. Di luar negeri, anak-anak sering disuguhi buah-buahan kering karena dianggap sebagai camilan sehat. Sayangnya, banyak buah kering yang bertekstur lengket. Sama seperti dodol, wajik, jenang, dan selai  cokelat pada donat maupun roti. Makanan ini rasanya enak tapi juga betah nempel di gigi, lebih lama dibanding makanan lain. Apa pilihannya? Kumur-kumur atau gosok gigi sampai bersih setiap habis makan.

 

Yang Kriuk-Kriuk. Camilan renyah seperti kripik kentang rupanya bukan teman ideal untuk gigi. Enak sih, tapi sayangnya keripik itu penuh pati yang gampang nyangkut di gigi. Sisa kripik yang terselip di antara gigi bisa menumpuk jadi plak. Sebaiknya, pakai dental floss atau benang gigi untuk menyingkirkan semua sisa keripik sampai bersih.

 

Soda. Sering makan dan minum yang manis-manis membawa pengaruh buruk yang merusak gigi. Bakteri memanfaatkan gulanya untuk memproduksi asam yang akan merusak enamel, permukaan gigi. Kebanyakan minuman ringan, seperti soft drink meski dengan embel-embeli diet soda, bersifat asam. Wah, sebaiknya minum segelas air sehabis minum soda, ya.

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: ISTOCK