FOLLOW US :        
 
01 Oktober 2015
SENYUM ITU SEHAT LHO SUPERKIDS!

Sudahkah kamu tersenyum setiap harinya Superkids? Rajin senyum bisa bikin tubuh sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyum yang nyata hanya dapat dibawa oleh emosi positif yang nyata juga. Jadi dengan senyum yang terpaksa bisa dikatakan juga telah memaksakan otot di sekitar mulut untuk tersenyum dan hal ini hampir tidak memberikan manfaat apapun. Oh ya?

“Pura-pura senyum justru menutupi banyak emosi negatif,” kata Fredrickson, seorang ahli seperti dikutip dari ABC Australia.

Studi lain pun menyebutkan bahwa kebiasaan senyum yang terlalu dibuat-buat, atau tak tulus berpengaruh terhadap peningkatan risiko perubahan fungsi jantung dan membuat tidak normal.

Sedangkan manfaat yang diperoleh dari senyum, menurut para ahli, ternyata akan semakin berlipat ganda bila ditambah dengan tawa. Sebagaimana diungkap Joan Coggin, M.D., seorang kardiolog di University School of Medicine, Loma Linda, Amerika Serikat, anak-anak rata-rata tertawa 400 kali dalam sehari. Sedang orang dewasa rata-rata hanya tertawa 15 kali saja sehari. Itu berarti manusia dewasa kehilangan 385 tawa seiring dengan bertambahnya umur. “Padahal berbukti, tertawa bermanfaat bagi kesehatan,” kata Coggin.

Merujuk hasil riset yang pernah dilakukannya, doktor bidang medis itu menjelaskan, tertawa memberikan relaksasi dan mengurangi stres. “Setelah meninggikan sampai jumlah tertentu tekanan darah dan irama jantung, tertawa langsung menurunkan hingga sensor-sensor perseptif meningkat dan menyebabkan kita sanggup menghadapi tugas dengan lebih baik,” paparnya.

Sementara dengan senyum yang tulus, itu berarti Superkids mengalami emosi positif. Bisa mencakup suka cita, kepuasan dan rasa syukur. Ini turut berperan meningkatkan kesehatan secara fisik dan psikologis.

Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan emosi positif secara signifikan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung dan hubungan emosional dengan orang lain. Selain itu, studi lain juga menyebutkan bahwa orang yang memiliki lebih banyak emosi positif dalam kehidupan sehari-hari lebih kecil risikonya untuk mengalami flu atau penyakit ringan lainnya.

Yuk senyum selalu Superkids, dan selalu jaga senyummu!