FOLLOW US :        
 
09 Agustus 2017
INDONESIAN DIVERSITY

Di antara ratusan negara di dunia, tanah air kita Indonesia termasuk yang sangat istimewa. Indonesia adalah negara kepulauan. Maksudnya, wilayahnya terdiri dari pulau-pulau yang terpisah oleh lautan. Bisa dibayangin, rakyatnya yang tinggal berpencar di berbagai pulau itu, pasti kan punya banyak perbedaan. Mulai bahasa, kuliner, sampai budaya. Ragam perbedaan ini yang menjadi salah satu keunikan Indonesia. 

 

Soal bahasa saja, Indonesia punya ratusan bahasa daerah yang digunakan suku-suku di seluruh nusantara. Di Pulau Jawa, bahasa Sunda (Jawa Barat) berbeda dengan Betawi (Jakarta), meski daerahnya cukup dekat. Di Jawa Tmur, bahasa khas Suroboyoan (Surabaya) juga berbeda dengan bahasa Madura, yang hanya dipisahkan Jembatan Suramadu sepanjang 5,438 meter. Ini diikuti dengan perbedaan cara hidup, yang menjadikan tiap daerah di tanah air punya ciri khas sendiri-sendiri. 

 

Sebelum berpetualang ke seluruh dunia, ada baiknya menjelajahi Indonesia lebih dulu. Banyak kota di dalam negeri yang menawarkan hamparan pemandangan alam yang indah, pusat-pusat hiburan anak yang menarik, pertunjukan budaya yang unik, serta kuliner tradisional yang lezat. Bila Superkids tinggal di Pulau Jawa, banyak tempat-tempat  menarik yang perlu dikunjungi. Nggak hanya Candi Borobudur di Magelang, Taman Safari di Cisarua, dan Gunung Bromo di Probolinggo. Melainkan juga ada kawasan wisata edukatif Jatim Park II di Batu, Malang, serta Taman Nasional Baluran di Situbondo.

 

Itu baru alamnya. Gimana kalau sekali-sekali mencicipi keragaman kuliner Indonesia yang superlezat? Di Jakarta, yang segala jenis makanan tersedia, Superkids bisa menemukan menu-menu khas dari seluruh nusantara. Soto Banjar, coto Makassar, kaledo, mie celor, kwetiaw Medan, ayam cincane, sate lilit, sampai sambai colo-colo pun ada. Hmmm... yummy! Tapi, tetap aja, paling seru nyobain kalau berada langsung di kota asalnya, kan?

 

Sudah 72 tahun Indonesia merdeka, mari kita rayakan berbagai perbedaan yang ada di nusantara. Nggak harus sama suku, agama, dan budaya. Namun, tetap harus damai bersatu merayakan keberagaman yang unik ini. Seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang tertulis pada lambang negara Garuda Pancasila, yang artinya Berbeda-beda tapi Tetap Satu. (*)