FOLLOW US :        
 
04 Maret 2013
Game Seru Biar Tamu Cilik Nggak Ngantuk

 

Supermom, coba tanya anak-anak tentang puncak ulang tahun mereka. Jika kita pikir itu kue, maka  kita salah. Anak-anak lebih memilih permainan - bukan kuenya. Permainan membuat pesta lebih ceria, memecahkan kebekuan agar semua berbaur dalam kegiatan kelompok, mengajarkan sportivitas dan percaya diri, memupuk persahabatan, juga mempertemukan semua usia, kepribadian dan berbagai wajah dalam satu kegiatan menyenangkan.

 

Berikut ini ide permainan-permainan yang dapat menghalau kebosanan dalam pesta Superkids.

 

Balon Air. Isi balon dengan air. Adu anak-anak berlomba membawa balon ke garis finish, lalu injak balon di tanah. Pemenangnya adalah yang memecahkan balon tercepat.

Huruf. Bagi anak-anak menjadi beberapa kelompok berisi 4-5 orang. Sebut suatu huruf, perintahkan kelompok meniru bentuk huruf dengan tubuh. Yang tercepat, atau yang paling akurat, menang.

Lari Telur. Pemenangnya adalah yang pertama membawa telur ke garis akhir. Namun, anak-anak harus melakukan dengan menempatkan telur ke dalam sendok dan menjaga agar tidak jatuh saat berlari. Jangan pakai tangan, ya!

Harta Karun. Anak-anak pasti mau berlarian dari satu lokasi ke lokasi lain untuk menemukan harta karun. Beri mereka petunjuk yang mengarah ke lokasi tertentu.

Pinata. Gantung monster piñata berisi permen. Anak-anak, dengan ditutup mata dan bergiliran, memukul pinata itu dengan tongkat. Ketika pinata pecah, si anak mengumpulkan permen yang berhamburan.

Karet Lengket. Minta anak-anak tersebar. Pilih satu anak menjadi karet lengket. Dia harus menyentuh anak lain untuk menempel pada karetnya. Setelah ditempel, anak berikutnya itu menyentuh anak lain tapi harus tetap lengket dengan si karet yang paling awal. Lakukan terus sampai semua anak tertelan dalam karet besar.

Berbaris. Tantang anak-anak berbaris. Tantangan bisa berupa berbaris sesuai ulang tahun, abjad berdasarkan nama depan atau nama belakang, usia, kelas sekolah dll.

Balap Hula Hoop. Anak-anak berlomba lari ke garis finish sambil memutar-mutar hula hoop tanpa boleh jatuh menyentuh tanah.

Bisik Pesan. Perintahkan anak-anak duduk melingkar. Bisikkan kalimat di telinga anak pertama. Anak ini membisikkan ke anak di sebelahnya, dan berlanjut sampai anak terakhir. Kemudian, si anak terakhir mengulang apa yang dia dengar. Hampir selalu kalimat yang ia ucapkan berbeda dengan kalimat awal. Beberapa perbedaan bisa sangat lucu.

 

Apapun permainannya, kita harus mendiskusikan dengan yang berulang tahun. Kemudian, kita luangkan waktu untuk mempersiapkan. Atur permainan dengan tepat kalau tidak mau melihat para undangan cilik menguap bosan.

 

 

TEGUH WAHYU UTOMO

FOTO: PHOTOS