FOLLOW US :        
 
13 April 2017
7 TIPE TEMAN YANG HARUS DIWASPADAI SUPERKIDS

Memiliki banyak teman adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun demikian, tidak semua teman dapat memberikan pengaruh yang positif pada tumbuh-kembang Superkids. Ada baiknya Supermom memberikan pengertian akan pentingnya mempunyai lingkaran pergaulan yang baik dan sehat dengan mewaspadai tipe-tipe teman berikut.

 

  1. Selalu Berpikiran Negatif

Teman yang selalu berpikiran negatif dengan sendirinya akan mempengaruhi Superkids. Bantulah Superkids untuk bergaul dengan teman-teman yang mempunyai energi positif dan saling memotivasi untuk berkembang. Ajaklah Superkids untuk selalu melihat sisi positif kondisi apapun yang dihadapi, agar dia dapat mengambil pelajaran berharga dan tetap bersemangat.

 

  1. Si Tukang Bully

Teman tipe ini wajib dihindari, karena dapat menyisakan ketakutan, trauma, maupun dampak psikologis jangka panjang bagi Superkids. Teman jenis ini selalu mempunyai alasan untuk mem-bully, baik dari penampilan fisik, maupun kelemahan Superkids lainnya. Tanamkan pada Superkids bahwa tindakan teman jenis ini tidak patut ditiru dan wajib dihindari.

 

  1. Si Pengejek

Ejekan kecil terdengar sepele, tetapi disadari atau tidak, kebiasaan ini akan menular pada Superkids. Jika dibiarkan, Superkids akan terbiasa mengejek pada siapapun yang ditemuinya. Katakan pada Superkids bahwa setiap orang punya kelebihan dan kelemahan masing-masing dan kelemahan yang dimiliki tidak selayaknya dijadikan sebagai bahan ejekan.

 

  1. Si Pencari Keuntungan

Tipe teman ini hanya mau dekat dengan Superkids jika mempunyai kepentingan atau sedang membutuhkan sesuatu. Begitu kepentingannya selesai, Superkids akan ditinggalkan begitu saja. Teman jenis ini bisa membuat Superkids merasa tidak berharga, karena ketika Superkids membutuhkan, belum tentu mereka mau membantu. Ketika Superkids menemukan teman jenis ini, berikan pengertian bahwa teman yang baik adalah yang mau berbagi dan saling membantu, tidak hanya ketika membutuhkan saja.

 

  1. Mau Menang Sendiri

Teman yang mau menang sendiri tentu akan membuat Superkids tidak nyaman, karena teman seperti ini merasa benar dan mau menang sendiri apapun kondisinya. Berikan pengertian pada Superkids agar ia mempunyai prinsip yang kuat dan dapat bertindak lebih tegas.

 

  1. Si Peminta Belas Kasihan

Ada tipe teman yang selalu meminta belas kasihan yang jika dibiarkan dapat membebani Superkids. Tanamkan pada Superkids bahwa saling membantu teman selayaknya dilakukan tanpa harus membebani teman yang lain.

 

  1. Si Pengeluh

Mendengarkan teman mengeluh mungkin terdengar biasa, tetapi jika dibiarkan, keluhan-keluhan ini dapat membebani Superkids. Jika frekuensi dan intensitas keluhan temannya sudah berada pada tahap mengganggu, saatnya Superkids lebih waspada dan menghindar.

 

Memberikan pengertian bahwa ada beberapa tipe teman yang patut diwaspadai dapat menjadi bekal yang  berharga bagi Superkids untuk belajar lebih bijak dalam bergaul dengan siapa saja tanpa terkesan mengekangnya. Mari dampingi Superkids untuk menemukan lingkaran pergaulan yang baik dan sehat agar tumbuh kembangnya dapat berjalan maksimal.

 

Nuril Mahmudi

Foto: ISTOCK