FOLLOW US :        
 
26 Oktober 2017
IDE SERU BERPETUALANG BARENG SUPERKIDS

Bosen jalan-jalan ke mall untuk mengisi libur Sabtu-Minggu? Yuk, coba kegiatan lain bersama keluarga, yang bakal Superkids suka. Nggak harus pergi keluar kota. Banyak kok hiburan penuh tantangan di sekitar kita. Jadi, simpan gadget dan bersiaplah menikmati petualangan seru ini.

 

Piknik di Taman Kota. Cari taman dengan lapangan yang luas, rindang, dan memungkinkan untuk bersantai bareng keluarga. Di Surabaya, misalnya, ada Taman Flora alias Kebun Bibit di kawasan Bratang, dengan berbagai fasilitas bermain untuk anak. Di Malang, ada alun-alun yang rindang dan arena bermain anak superluas. Di Jakarta, ada Taman Suropati yang sejuk di kawasan Menteng yang ramai. Nah, hari Sabtu atau Minggu, bawa tikar lipat serta keranjang berisi bekal makanan dan minuman ke sana. Gelar tikar di bawah pohon yang teduh dan tidak banyak dilalui orang. Ini ibarat memindahkan meja makan ke tempat lesehan outdoor. Biarkan Superkids bermain di sekitar taman, namun harus tetap diawasi. Anak bakal bertemu banyak teman baru di playground, banyak bergerak, dan makannya juga bakal lebih lahap. Superparent bisa menunggui mereka sambil ngobrol, selonjoran, atau membaca buku yang selama ini nggak sempet diselesaikan.

 

Berburu Obyek Foto. Sabtu-Minggu adalah waktu yang tepat menikmati hobi. Buat Superkids yang suka fotografi, Superparent bisa mengajaknya keluar rumah khusus untuk berburu obyek foto yang menarik. Kegiatan ini bisa memperkaya pengalaman, mengasah skill-nya memilih angle foto, maupun menangkap momen untuk diabadikan. Perburuan bisa dilakukan di sekitar rumah, di sebuah festival budaya yang sedang berlangsung, maupun ke kawasan khusus seperti kebun binatang dan bandara. Ajarkan Superkids untuk lebih peka mencari obyek foto yang menarik. Di rumah, hasil foto ini bisa didiskusikan lebih lanjut.

 

Kemping di Halaman Belakang. Karena check in di hotel berbintang udah biasa, gimana kalau sekali-sekali tidur di dalam tenda di halaman rumah? Superparent tentu harus punya tenda yang cukup untuk menampung seluruh anggota keluarga. Bila satu tenda aja nggak cukup, gunakan dua sampai tiga tenda. Satu tenda minimal bisa untuk dua orang, jangan biarkan sendirian. Tanpa pendingin ruangan dan penerangan memadai, Superkids bisa merasakan hembusan angin dan hawa sejuk malam hari. Gak perlu takut gigitan nyamuk. Pakai lotion antinyamuk dan serangga. Tidur bersama-sama di dalam tenda juga bisa jadi pengalaman yang awalnya menakutkan untuk anak. Namun, dengan pendampingan Superparent, dia bakal bisa menemukan keseruan menyatu dengan alam.

 

Wisata Mangrove. Jalan-jalan ke taman wisata mangrove merupakan salah satu petualangan seru untuk anak maupun orang dewasa. Superkids akan merasakan pengalaman menyusuri jalan setapak dan dermaga menembus hutan mangrove, naik perahu, mendengar langsung kicauan burung dan monyet, serta menikmati rimbunnya tanaman mangrove di pinggiran kota. Jangan lupa bawa binokular untuk meneropong suasana biar lebih jelas. Di Jakarta, hutan mangrove berada di kawasan Angke, Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Di Surabaya, taman wisata mangrove terbentang di kawasan Wonorejo, Rungkut.

 

Outdoor Playground. Banyak taman di kota-kota besar dengan fasilitas bermain anak yang memadai. Sebut saja Taman Pintar di Yogyakarta, Taman Lalu Lintas Bandung, atau Taman Bungkul di Surabaya. Kawasan wisata tengah kota ini juga punya area khusus kuliner untuk mengganjal perut. Daripada bermain di dalam ruangan terus, ajak Superkids mencoba wahana di tempat-tempat umum ini. Cari waktu yang tepat agar anak nggak terlalu kepanasan bermain di luar. Siapkan baju ganti bila sewaktu-waktu hujan, atau bila pakaiannya kotor akibat terjatuh.

 

Jelajahi Kota Tua. Pelajari budaya dan sejarah sebuah kota dengan menjelajahi kawasan kota lamanya. Memang, nggak semua wilayah kota lama dirawat dengan baik oleh pemerintah kota setempat. Beruntung bagi Superkids yang tinggal di Jakarta dan Surabaya. Kawasan kota tua dijaga dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit turis lokal maupun mancanegara. Banyak spot menarik dan kuliner tradisional Superkids temui di sana. Surabaya bahkan memiliki program berkeliling kota dengan bus gratis ke tempat-tempat bersejarah, dengan dipandu guide berpengalaman. Tour sekitar satu sampai dua jam ini memang nggak dipungut biaya, namun harus daftar terlebih dulu jauh-jauh hari.

 

Mencoba Makanan Baru. Ini petualangan asyik untuk Superfamily penggemar kuliner. Nggak perlu yang terlalu heboh seperti nyobain extreme culinary. Cukup mencari restoran atau kedai makanan populer, yang selama ini belum pernah dicicipi. Bagaimana kalau mencoba makanan serbapedas, atau menu-menu tradisional yang gak pernah dilirik selama ini? Let's say makanan khas dari Manado, Timur Tengah, atau bahkan Portugis.

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: ISTOCK