FOLLOW US :        
 
13 Desember 2017
Tips Liburan bareng Anak di Musim Hujan

Hujan lagi deres-deresnya mengguyur Indonesia sepanjang bulan Desember. Cuaca yang seperti ini harusnya sih bukan penghalang bagi Superfamily untuk menikmati liburan. Gak kayak liburan panjang di bulan Juni-Juli yang cerah, liburan saat musim hujan memang butuh persiapan ekstra. Berikut ini tips liburan seru bareng anak di musim hujan, biar rencana bersenang-senang gak jadi berantakan.

 

1. Pilih Destinasi. Permandian air panas menjadi destinasi liburan yang nyaman di musim hujan yang dingin. Superkids bisa berenang sepuasnya tanpa perlu takut terserang pilek atau masuk angin. Superparent pun bisa menikmati rileksasi berendam di kolam air hangat yang nyaman. Permandian air hangat antara lain ada di kawasan Ciater (Bandung), Banyu Wedang (Bali), Baturaden (Jawa Tengah), Cangar (Malang), dan Tirta Husada (Pacitan). Kalau ingin menikmati suasana liburan yang tenang, Ubud di Bali bisa jadi pilihan terbaik. Suasana di sana saat musim hujan terasa sangat tenteram, apalagi dengan panoramanya yang hijau. Superfamily bisa menikmati liburan dengan hamparan pemandangan alam yang indah, dan jauh dari hiruk pikuk keramaian kota.

 

2. Bawa Perlengkapan. Hoodie, sepatu karet antiair, dan payung lipat adalah bawaan wajib. Hoodie atau jemper dibutuhkan untuk menghalau hawa dingin. Ini lebih praktis dibanding pakai jaket atau sweater biasa karena dilengkapi kupluk alias penutup kepala, yang melindungi Superkids dari tetesan hujan. Jadi, gak perlu repot-repot bawa topi lagi. Sepatu karet akan kepakai banget saat berjalan-jalan melewati genangan air. Kalau nggak sempat cari sepatu karet, bawa sandal jepit sebagai pengganti. Sepatu karet dan sandal jepit memiliki alas yang nggak licin, serta nyaman digunakan saat hujan. Payung lipat juga bakal digunakan bila hujan tiba-tiba turun saat Superfamily sedang berjalan-jalan. Gak perlu takut repot karena sekarang banyak banget dijual payung lipat. Ukurannya kecil dan mudah dibawa bila sedang ditutup.

 

3. Sedia Obat. Jangan nunggu sakit lalu heboh mencari apotik. Sediakan kotak obat sebelum memulai perjalanan. Benda yang sangat penting dan jangan sampai ketinggalan adalah obat-obatan pribadi, bila ada anggota keluarga yang mengidap penyakit tertentu. Misalnya inhaler untuk penderita asma, obat maag yang biasa diminum oleh Superkids pengidap maag, atau obat semprot hidung untuk yang sering mimisan. Tambahan lain adalah termometer, plester, obat merah alias povidon-iodin, obat penurun panas, obat batuk, pleseter kompres, dan obat tetes hidung atau obat flu. Bawa juga lotion atau spray antinyamuk untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk saat berada di luar ruangan.

 

4. Pelajari Cuaca. Pantau ramalan cuaca melalui situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Informasi tentang prakiraan cuaca selama beberapa hari ke depan bisa Superparent akses di sini. Nggak ada salahnya bertanya ke teman atau saudara yang berdomisili di kota tujuan tentang kebiasaan waktu turunnya hujan. Tahu tentang perkiraan cuaca ini bisa menjadi bekal perjalanan saat musim hujan. Paling enggak, semua udah siap bakal disambut guyuran hujan bila sampai di tujuan.

 

5. Pilih Direct Flight. Bila liburan akhir tahun ini menggunakan pesawat, usahakan dapat penerbangan langsung dari kota asal ke kota tujuan. Udah bukan rahasia lagi kalau penundaan penerbangan sering banget terjadi saat musim hujan. Bisa dibayangin kan bagaimana kemungkinan terburuk bila harus transit ke berbagai kota dulu. Tiket penerbangan langsung biasanya memang sedikit lebih mahal daripada penerbangan transit. Tapi ini lebih baik daripada harus terlunta-lunta selama beberapa jam di bandara.

 

6. Plan B. Nah, ini gak kalah penting. Jangan terlalu yakin semua bakal berjalan sesuai rencana. Siapkan rencana cadangan agar acara liburan tetap berjalan menyenangkan. Kalau hujan deras nggak berhenti-berhenti, itu artinya harus coba menjalankan rencana cadangan. Jangan biarkan Superkids bosan menunggu hujan selesai. Ajak melakukan kegiatan lain atau mengunjungi tempat lain yang nggak kalah seru. Misalnya melihat berbagai benda bersejarah di museum, mencoba kuliner yang berkuah hangat di restoran baru, nonton bioskop, atau bahkan staycation alias menghabiskan waktu di hotel, vila, maupun penginapan. Nikmati fasilitas hotel yang ada, seperti spa, kids playground, atau berolahraga di sport center.

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: ISTOCK