FOLLOW US :        
 
19 April 2017
MENGUNJUNGI SITUS BERSEJARAH RA KARTINI

21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Pada tanggal yang sama 138 tahun silam, Raden Adjeng (RA) Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah. Kartini adalah pelopor kebangkitan perempuan. Ia menggerakkan kaum perempuan agar bisa memiliki hak yang sama dengan laki-laki, misalnya dalam hal pendidikan. Di tanah kelahirannya Jepara, maupun di kota tempat ia dimakamkan, Rembang, ada beberapa tempat bersejarah yang menjadi saksi kehadiran pahlawan nasional Indonesia ini.

 

Museum RA Kartini, Rembang. Situs ini awalnya dikenal dengan nama Kamar Pengabadian RA Kartini. Di sinilah dulunya Kartini mengajar saudara dan teman perempuannya menulis dan membaca. Ruangan kecil itu merupakan bagian dari Rumah Dinas Bupati Kepala Daerah Tingkat II Rembang. Superkids ingat kan, menurut sejarah, Kartini memang membuka sekolah perempuan di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor suaminya, Bupati Rembang KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Beberapa barang peninggalan Kartini juga bisa Superkids lihat di museum ini. Seperti ranjang, meja rias, surat-surat tulisan tangan Kartini, koleksi lukisan, silsilah keluarga, serta lukisan wajah Kartini yang dibuat anak semata wayangnya, mendiang Soesalit Djojoadhiningrat. Museum RA Kartini ramai dikunjungi saat musim liburan atau jelang perayaan Hari Kartini seperti sekarang. Yang mampir bukan cuma anak-anak usia sekolah seperti Superkids, melainkan juga orang dewasa dari dalam maupun luar negeri. Tiket masuknya cuma Rp 3.000.

Museum RA Kartini

Jl Gatot Soebroto No 8, Rembang

Bukia: 08.00-17.00 (Selasa-Minggu), Senin tutup

 

Museum RA Kartini, Jepara. Sekitar 2,5 jam perjalanan mobil dari Museum RA Kartini di Rembang, ada satu museum Kartini lainnya di Jepara, tempat kelahirannya. Area museum di sini lebih besar dan koleksinya pun lebih lengkap. Museum RA Kartini terdiri dari tiga empat ruangan besar. Superkids bisa melihat berbagai benda peninggalan Kartini di ruangan pertama. Mulai meja, kursi, sampai buku-buku yang dia baca. Museum ini juga menyimpan barang peninggalan kakaknya, RM Panji Sosrokarnoto, orang yang sangat berperan mendukung perjuangan Kartini dalam mendapatkan haknya untuk belajar. Di ruangan lain, Superkids akan melihat fosil purbakala yang dulu ditemukan di Jepara, serta berbagai hasil kerajinan tangan khas Jepara.

Museum RA Kartini

Jl Alun-Alun No 1 Jepara

Buka: 08.00-17.00 (Senin-Sabtu), 09.00-17.00 (Minggu)

 

Makam RA Kartini, Rembang. Kartini wafat 17 September 1904, empat hari setelah melahirkan putranya. Usia Kartini masih 25 tahun. Ia dimakamkan di Desa Mantingan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang. Ini kemudian menjadi kompleks pemakaman keluarga Kartini, sebab suami dan anaknya pun kemudian dimakamkan di sana. Kompleks pemakaman ini cukup terjaga kebersihannya. Lokasinya pun mudah terjangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Tersedia lahan parkir yang luas, toko souvenir, dan musala untuk peziarah.

Makam RA Kartini

Jl Rembang - Blora, Bulu, Rembang

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: ULINULIN, WISATAREMBANG