FOLLOW US :        
 
08 Mei 2017
PERPUSTAKAAN ANAK PALING BAGUS DI JAKARTA

Dulu, perpustakaan identik dengan ruang tertutup penuh rak-rak buku yang berjejer kaku. Pengunjungnya harus tenang, nggak boleh cekikikan. Petugas bakal menyuruh Superkids duduk rapi membaca di kursi, nggak boleh seenaknya selonjoran di lantai. Sekarang, lebih banyak usaha untuk makin mendekatkan anak dengan buku-buku. Salah satu caranya adalah menyediakan ruang membaca yang nyaman dengan berbagai fasilitas menarik. Di Jakarta, beberapa perpustakaan dirancang khusus anak usia sekolah seperti Superkids maupun adik-adik balita. Selain koleksinya yang sangat variatif, suasana perpustakaan juga nggak kalah keren dan menyenangkan dari playground!  

 

Perpustakaan Umum DKI Jakarta, Cikini.

Perpustakaan milik Pemprov DKI ini berada di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat. Bangunannya tiga lantai, berada pas di samping Planetarium, dan tepat di belakang Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin). Perpustakaan anak terletak di lantai dua, sementara lantai satu untuk orang dewasa dan lantai tiga untuk buku referensi. Pengunjung nggak ditarik biaya masuk, maupun biaya lain-lain. Semua fasilitas bermain boleh digunakan secara gratis. Area bermainnya yang berlantai busa juga terletak di lantai dua. Ada perosotan, ayunan, mobil-mobilan, kolam bola, flying fox, dan mainan kayu edukatif yang disimpan di rak terbuka. Jangan lupa bawa kaus kaki untuk masuk ke area ini.

 

Yang niat datang bener-bener untuk baca buku, jangan takut terganggu suara berisik anak lain yang asyik mainan. Dua area ini disekat pintu kaca. Wahana permainan diletakkan di ujung ruangan, jauh kok dari pintu pembatas. Di area balita bahkan ada motor-motoran dan sekuter, lho. Di ruang baca yang luas banget, koleksi buku dan majalahnya beragam. Mulai buku cerita sampai pengetahuan umum, dari buku-buku lokal sampai impor berbahasa Inggris. Jendelanya lebar, bikin ruangan terasa terang benderang. Kalau bawa bekal, harus ditaruh di lantai satu ya biar nggak mengotori perpustakaan.

 

Perpustakaan Umum DKI Jakarta

Taman Ismail Marzuki

Jl Cikini Raya No 73, Menteng, Jakarta Pusat

Telp: +62 21 31928107

Instagram: @jaklib_cikini

Jam Operasional

Senin-Minggu pukul 09.00-16.00, Tanggal merah tutup

Playground: Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu pukul 09.00-16.00

Tiket masuk: Gratis

 

Rimba Baca, Cilandak.

Ini adalah perpustakaan kecil bernuansa rumahan di kawasan pemukiman Komplek Perumahan RSPP Cilandak, belajang RS Fatmawati, Jakarta Selatan. Meski areanya nggak terlalu luas, Superkids bakalan betah berlama-lama membaca buku di sini. Bukunya dikelompokkan sesuai usia pembaca. Yaitu 0-3 tahun, 4-8 tahun, dan 9-12 tahun. Suasananya menyenangkan dengan meja-kursi berwarna-warni, sofa-sofa kecil, boneka bantal, komputer, mainan edukatif, juga jaringan Wi-Fi. Koleksi bukunya juga macem-macem. Kebanyakan sih berbahasa Inggris. Semua buku ini merupakan koleksi pribadi pemiliknya yang bernama Fitriyana. Baik buku-buku lama yang ia miliki sejak kecil, maupun buku-buku baru pilihan yang sengaja ia beli untuk melengkapi koleksi Rimba Baca.

 

Untuk menikmati buku di Rimba Baca, pengunjung dikenai biaya masuk Rp 30.000. Bangunannya terdiri dari dua lantai. Di bawah untuk anak-anak, dan lantai atas buat menyimpan buku-buku parenting. Bila jenuh membaca, Superkids bisa geser ke ruangan Art and Craft tanpa perlu membayar biaya tambahan. Di sini pengunjung bisa mewarnai, belajar seni lipat kertas origami, sampai melukis keramik mungil. Lelah? Superkids bahkan bisa istirahat siang karena Rimba Baca juga nyediain ruangan khusus untuk beristirahat. Di ruangan ini ada tempat tidur kecil yang bisa dipakai buat gantiin popok, menyusui, atau tidur sebentar.

 

Untuk jadi member, biayanya Rp 350 ribu per tahun. Superkids bisa gratis mengunjungi Rimba Baca kapan saja sepuasnya, dan minjem lima buku per minggu (denda Rp 5.000/hari).

 

Rimba Baca

Jl RSPP No 21B, Cilandak, Jakarta Selatan

Telp +62 21 7664517

E-mail: rimba.baca@gmail.com

Twitter: @RimbaBaca

Jam Operasional: Senin-Jumat pukul 10.00-17.00, Sabtu-Minggu pukul 10.00-19.00

Tiket masuk: Rp 30 ribu, membership Rp 350 ribu/tahun 

 

The Open Book, Dharmawangsa Square. 

Berada di dalam mal, The Open Book merupakan salah satu pilihan tempat membaca yang gampang bikin anak jatuh hati. Seperti tagline-nya, “A Children Library and Discovery Place”, The Open Book memang bukan perpustakaan semata. Melainkan juga tempat menimba ilmu dengan alat penunjang yang lengkap, mulai CD, DVD, mainan edukatif, sampai komputer. Biaya masuknya Rp 85.000. Kalau mau jadi member, cukup bayar Rp 300.000 per bulan, atau Rp 4 juta per tahun.

 

Tempat keren dan nyaman ini menyediakan sekitar 1.000 lebih koleksi buku dalam dan luar negeri. Ssttt.. serial Dr Seuss-nya lengkap, lho! Banyak buku-buku unik mulai picture books, board books, chapter books, light novels, bahkan bertema religius. Rak  bukunya unik banget. Ada yang berbentuk lingkaran dengan kamar tersembunyi di bagian tengahnya untuk membaca. Di sini juga ada beragam kegiatan nonbuku, seperti masak-masakan dan membuat craft. Beda dari perpustakaan lain, Superkids didorong untuk mandiri selama menikmati buku-buku di sini. Superparent justru nggak disarankan nungguin anak yang lagi asyik membaca. Target pengunjung adalah anak usia 2-15 tahun.

 

The Open Book

Darmawangsa Square, The City Walk lantai 2 unit 36-37, Jl. Darmawangsa VI & IX, Jakarta Selatan

Telp +62 21 727 808 25/26, +62 21 29171167

Jam Operasional:

Selasa-Jumat pukul 10.00-18.00

Sabtu pukul 10.00-20.00

Minggu pukul 11.00-18.00

Senin Tutup

Tiket masuk Rp 85.000, membership Rp 300.000 per bulan, Rp 4 juta per tahun.

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: ISTOCK, FACEBOOK