Paling Asyik

Dongeng
Legenda Danau Toba
oleh Superkids Indonesia | diposkan pada 21 Oktober 2012 00:58:00

Konon ada cerita sedih di balik terbentuknya ikon wisata Sumatera Utara.

 

Pancing ikan, dapat istri. Itu dialami Toba, laki-laki yang hidup menyendiri di sebuah lembah subur. Dia bawa pulang seekor ikan besar, yang ternyata berubah wujud menjadi perempuan cantik. Rasa lapar dan angan-angan menggoreng ikannya pun hilang. Toba terpesona pada jelmaan ikan tangkapannya. Mereka menikah dengan satu syarat. “Jangan pernah mengungkit asal usulku,” kata calon istrinya.

 

Pernikahan mereka dikaruniai seorang anak laki-laki. Ia dinamai Samosir. Begitu cintanya Toba dan istri pada Samosir, mereka selalu menuruti apapun keinginan sang putra semata wayang. Samosir pun tumbuh menjadi anak manja. Dia selalu mengeluh tiap disuruh ibunya mengantar makan siang ke ladang untuk ayah.

 

Suatu hari dalam perjalanan rutinnya ke ladang, Samosir  berhenti. Dia duduk menghabiskan separo jatah nasi itu. Ayah marah tapi bisa memaafkan Samosir. Sayangnya Samosir kembali mengulangi kenakalan yang sama. Kali kedua ransumnya berkurang karena dimakan Samosir, Toba marah besar. Dia mengumpat kasar. “Tidak tahu diri! Dasar anak ikan!”

 

Samosir berlari pulang sambil menangis. Ia mengadu pada sang bunda tentang apa yang diucapkan ayahnya. Bagi perempuan itu, Toba sudah melanggar sumpahnya sendiri. Dia meminta Samosir memanjat bukit tertinggi. Berderai air mata, dia kembali ke sungai dan mengucap selamat tinggal pada Toba. Hujan turun sangat lebat. Banjir besar menenggelamkan Toba, tapi tidak Samosir.

 

Dua hari bertahan di puncak bukit, Samosir akhirnya turun ke desanya yang berubah menjadi danau. Dia hidup sendiri, terpisah jauh dari penduduk lain. Tempat tinggalnya kini dinamai Pulau Samosir, yang berada tepat di tengah Danau Toba.

 

PIPIT

ILUSTRASI: KONGSTONES




tahukah kamu?

DANAU TERBESAR

Danau Toba terletak di Sumatera Utara. Ini adalah danau terbesar se-Asia Tenggara.

Lihat Komentar Komentar Bagikan Artikel
455
260
 
 


Dongeng Terpopuler




Sedang Online


Guest : 2