Pojok Ilmu

Olahraga
Mendayung untuk Kesenangan dan Kebugaran
oleh Hafida Indrawati | diposkan pada 31 Maret 2013 00:42:00

Ada banyak jenis olahraga air yang bisa kau pilih.

 

Di Indonesia, mendayung perahu bukan hanya olahraga, melainkan juga kehidupan sehari-hari. Tim Indonesia beberapa kali juara di tingkat Asia Tenggara atau Asia. Sementara itu, sejumlah anak Indonesia mendayung untuk bermain, bepergian, atau mencari ikan. Lokasinya bisa di waduk, di sungai, di danau, hingga di pantai.

 

Superkids, ada banyak jenis olahraga yang melibatkan perahu dengan dayung. Yang dayungnya menempel di perahu disebut rowing. Mengayuhnya boleh ke depan, boleh ke belakang. Yang dayungnya tidak menempel di perahu, namanya paddling. Disebut individual jika perahunya dinaiki satu orang. Disebut tim jika perahunya dinaiki dua orang atau lebih.

 

Nama perahu juga bervariasi. Kano adalah perahu ramping, bagian atasnya terbuka, ujungnya lancip dan digerakkan oleh dayung. Kayak adalah kano dengan bagian atas tertutup, serta satu atau dua lubang untuk penumpang duduk di dasar salmbil menyelonjorkan kaki. Perahu naga berbentuk panjang namun sempit, yang digunakan untuk banyak orang. Masih banyak lagi jenis lainnya.

 

Apakah kau ingin menjadi atlet dayung? Silakan. Jika usiamu masih di bawah 12 tahun, lebih baik mendayung untuk pengenalan atau bersenang-senang. Untuk olahraga, dibutuhkan beberapa ketentuan khusus. Biasanya lomba dayung termuda adalah untuk anak-anak 12 tahun ke atas. Jangan lupa, selalu utamakan keselamatan. Ikuti semua instruksi pelatih dan kenakan jaket penyelamat.

 

TEGUH WAHYU UTOMO

FOTO: PHOTOS




tahukah kamu?

KAYAK KULIT

Pada 1000-1900, orang Arktik sudah mengembangkan kayak atau ‘perahu pemburu’. Kayak era awal terbuat dari kayu dan ditutupi kulit hewan. Bahkan, perahu era awal ini menggunakan kandung kemih anjing laut diisi udara untuk membuat kayak apung dan nyaris tidak bisa tenggelam.

Lihat Komentar Komentar Bagikan Artikel
255
95