Pojok Ilmu

Info Tekno
Braille Touch; SMS tanpa Melihat
oleh Hafida Indrawati | diposkan pada 01 Nopember 2013 00:21:00

Aplikasi untuk yang nggak bisa melihat dan yang nggak ingin dilihat.

 

Coba jawab pertanyaan ini dulu, Superkids. Pernah nggak lihat orang tunanetra punya smartphone layar sentuh? Kalau pernah, menurutmu, bagaimana cara ia menggunakan smartphone? Sangat mungkin, smartphone-nya hanya dipakai untuk menelepon (mendengar dan bicara).

 

Karena keterbatasan penglihatan, kaum tuna netra tidak bisa memanfaatkan SMS dan banyak aplikasi lain. Tapi, itu dulu. Sekarang, sudah dikembangkan aplikasi agar mereka juga bisa SMS-an dengan mudah. Namanya, Braille Touch yang dikembangkan peneliti di Georgia Institute of Technology, Amerika Serikat.

 

Aplikasi ini menggunakan sistem Braille yang biasa dipakai menulis dan membaca. Braille Touch meniru proses ketik 6-jari dengan tiga tombol di sisi kiri dan tiga tombol di sisi kanan layar sentuh. Jari-jari pengguna bisa menyentuh enam tombol virtual itu untuk menghasilkan huruf dan tulisan.

 

Kalau kau berminat, coba hafalkan dulu huruf-huruf Braille. Lalu, latihlah jemarimu sebentar menggunakan aplikasi ini. Nanti kalau sudah mulai terbiasa, kau akan bisa menulis dan membaca hanya dengan meraba tanpa perlu melihat. Selain untuk SMS, kau juga bisa menggunakan touchscreen braille keyboard ini untuk nge-tweet dan kirim e-mail.

 

Kalau mau mengirim pesan rahasia tanpa dilihat orang, berlatih saja gunakan Braille Touch.

 

 

RAHADIAN WIJAYA

FOTO: GEORGIA TECH




tahukah kamu?

JENAZAHNYA TERPISAH

Penemu kode Braille adalah Louis Braille (4 Januari 1809-6 Januari 1852). Pada peringatan 100 tahun kematiannya, jazad Braille diangkat dari pemakaman desa kediamannya di Coupvray, Prancis, dan dimakamkan kembali di Pantheon, Paris. Namun, Wali Kota Coupvray melarang tangan Braille dipindahkan dari pemakaman desa.

Lihat Komentar Komentar Bagikan Artikel
365
295