Olahraga Bikin Superkids Makin Pintar

Bukan hanya rajin belajar. Seperti seni, olahraga ternyata juga berpengaruh membuat Superkids menjadi lebih pintar. Bagaimana bisa? Berbagai penelitian tentang hubungan olahraga dengan kecerdasan otak, menunjukkan hasil yang sama.

 

Saat berolahraga, otot merespons kebutuhan energi yang keluar dengan cara memproduksi mitokondria baru. Nama mitokondria mungkin terdengar asing bagi Superkids. Ini adalah struktur kecil di dalam sel yang berfungsi menyuplai energi untuk tubuh.

 

Olahraga tertentu, seperti jogging atau berjalan di treadmill, memberi dorongan pada pusat-pusat kekuatan sel di otak. Nah, ini yang akan membantu meningkatkan energi otak supaya bekerja lebih cepat dan efisien. Sel akan berevolusi dengan cepat sehingga membuat otak lebih muda.

 

Setelah tahu kalau olahraga memang bikin otak lebih encer, para peneliti melakukan riset lanjutan. Yaitu, olahraga apa sih yang paling membuat otak bekerja lebih maksimal? Dalam studi yang dimuat American College of Sports Medicine, lari adalah jawabannya.

 

Berlari lebih mampu mengaktifkan sel-sel otak dibanding jenis olahraga lain. Penjelasannya begini. Olahraga menggerakkan sel tubuh bekerja mentransfer growth factors untuk membuat saraf baru dan jaringan di otak. Lari adalah yang paling banyak mengaktifkan sel-sel itu.

 

Tapi bukan berarti olahraga saja cukup untuk membuat Superkids menjadi pintar. Butuh usaha lain, seperti belajar yang rajin, agar menjadi juara. Tentang olahraga, Superkids bisa memilih lari sebagai kegiatan utama untuk memaksimalkan kerja otak. Olahraga lain, seperti bela diri, sepakbola, dan bulu tangkis, juga baik untuk rutin dijalankan.

 

Selamat mencoba!

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: ISTOCK

Share to :


Leave A Comment