FOLLOW US :        
 
20 Maret 2017
IMPIKAN ROBOT YANG SERBABISA

Sering ikut kompetisi, nggak berarti sering pula pulang membawa prestasi. Tapi Christian Emanuelle nggak pernah lelah berusaha. Aktif mengikuti lomba robotik di dalam maupun luar kota, usaha Christian akhirnya nggak sia-sia. Robot rakitannya berhasil memukai juri IT-Smart Computer Electronic Robotic Olympiad (I-CERO) 2017 di Surabaya. Ia pun dinobatkan sebagai juara 1 kategori Simple Machine kelas 3 SD.

 

Congratulation, Christian. Piala ke berapa, nih?

Thanks. Ini, kalau nggak salah ya, piala ketigaku. Tapi yang pertama sebagai juara satu. Sebelumnya, sempat juara harapan I ajang Regional Robotic Olympiad 2014. Lalu, pernah juga juara tiga kompetisi robotik, yang acaranya digelar di PTC (Pakuwon Trade Center) Surabaya. Lupa nama kompetisinya apa, hehehe.

 

Kenal robotik udah lama?

Sejak masih TK. Di rumah, seriiiiing banget lihat papa kutak-katik robotik yang menjadi hobinya. Akhirnya pingin coba, walau nggak pernah disuruh, apalagi dipaksa-paksa. Aku sekarang ikut kelas robotik seminggu dua kali, tiap Senin dan Kamis. Satu sesi 90 menit latihan.

 

Di luar itu, apa kesibukan Christian?

Sekolah, main, dan kursus bahasa Inggris.

 

Kegiatan kutak-katik robotiknya tiap hari, ya?

Kalau di rumah sih, main bricks bongkar-pasang Lego aja. Apalagi, kalau habis menang lomba yang hadiahnya berupa Lego begini. Jadi nambah koleksi baru untuk dirakit. Kalau lagi bosan, aku suka baca buku. Serial favoritku buku komik Doraemon dan cerita-cerita detektif.

 

Kalau mau ikutan lomba, latihan robotik makin intens gak?

Hmmm.. yang jelas latihannya lebih serius, hehehe. Di tempat kursus, iya. Persiapan hal-hal teknis menyangkut lomba. Tapi di rumah sebetulnya udah jarang kutak-katik lagi. Di rumah biasanya malah lebih banyak persiapan mental. Diinfo oleh papa-mama, apa-apa aja yang harus dilakukan saat lomba. Misalnya, harus fokus merakit. Nggak usah tolah-toleh lihat ke teman lain.  

 

Robot apa yang paling susah yang pernah Christian rakit?

Gergaji mesin. Baru beberapa hari lalu bikinnya. Aku juga pernah menyusun Lego berbentuk suasana kota, lengkap dengan jalanan, rel kereta api, dan lain-lain.

 

Kalau robot impian Christian, yang seperti apa?

Aku kepingin nanti akan ada robot berbentuk manusia, yang bisa ngerjain tugas apapun yang diberikan padanya. Bisa melakukan pekerjaan apa saja.

 

Apa tujuan Christian sering ikutan lomba?

Kalau kata mama, untuk melatih mental. Aku bisa kenalan sama teman-teman baru sesama penggemar robotik. Malah ada kok yang terus berteman sampai sekarang, padahal lain sekolah. Mama-papa juga nggak pernah nyuruh aku pasang target. Kalau menang, itu bonus, kata mereka. Aku sih senang banget kalau bisa menang! Apalagi bila hadiah-hadiahnya menarik, hehehe.   

 

FUNFACT

Nama: Christian Emanuelle

Lahir: Surabaya, 31 Mei 2008

Sekolah: Kelas 3 SDK Petra 13 Surabaya

Hobi: Membaca, robotik, menggambar

Cita-cita: Ilmuwan 

Prestasi: Juara I Kategori Simple Machine I-CERO (IT-Smart Computer Electronic Robotic Olympiad) 2017

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: IT-SMART