FOLLOW US :        
 
09 April 2017
MENGENAL EMMA, ANAK INDONESIA YANG BERJAYA DI LA

Hai Emma, sudah berapa lama tinggal di LA?

Hai... Keluarga aku pindah dari Jakarta ke LA tahun 2008, jadi aku lahirnya di LA tahun 2011. Walaupun aku lahir di LA tapi aku masih warga negara Indonesia lho.

 

Ceritain dong, gimana Emma bisa bisa terjun ke dunia Entertainment?

Akhir tahun 2015, papa aku iseng-iseng submit ke beberapa modeling agent di LA dan ternyata ada yang suka sama profil aku dan akhirnya minta aku untuk jadi talent nya. Sejak itu aku mulai ikut audisi-audisi untuk iklan dan film. Ternyata dunia entertainment di LA itu ketat sekali kompetisinya karena di LA sini ada ratusan agent dimana setiap agent punya ratusan model anak.

 

Iklan apa saja yang sudah Emma bintangi?

Iklan Jeep, East West Bank dan yang terakhir iklan Lenovo untuk Valentine’s Day bulan lalu. Iklan yang terakhir ini di Facebook page nya Lenovo sudah mencapai lebih dari 3 juta views lho.

 

Siapa penyanyi favorit Emma?

Mariah Carey, Christina Aguilera dan Ariana Grande. Aku suka karena mereka nyanyinya bagus banget, bisa suaranya tinggi dan ada vibrato.

 

Prestasi apa aja yang Emma peroleh di bidang menyanyi?

Pertama kali aku nyanyi di depan publik itu tahun 2014, waktu aku masih umur 3 tahun, aku ikutan lomba karaoke dalam rangka 17 Agustus yang diadakan oleh Komunitas Gereja Katolik Indonesia. Waktu itu aku membawakan lagu Tomorrow dari film Annie dan berhasil menjadi salah satu pemenang!

Tahun 2015, aku terpilih untuk tampil di panggung utama di acara Family Day dalam rangka opening weekend nya film Minions di L.A. Live (L.A. Live itu venue terkenal di LA yang biasanya dipakai untuk red carpet acara-acara awards bergengsi seperti Grammy Awards). Ini pertama kalinya aku menyanyi di depan ratusan penonton dan waktu itu aku membawakan lagu Part of that World dari film The Little Mermaid.

Tahun 2016, aku terpilih untuk tampil di acara Santa Monica Summer Soulstice. Ini adalah event tahunan di Santa Monica seperti car free day kalau di Jakarta. Ada beberapa panggung hiburan selama acara berlangsung dan aku tampil membawakan 2 lagu (lagu My Heart Will Go On dari film Titanic dan lagu I Belong dimana selain menyanyi aku juga main biola) di salah satu panggungnya.

Awal tahun ini aku berhasil memenangkan award dari American Protege dan karena itu aku akan tampil menyanyi di Carnegie Hall, New York bulan Juli nanti.

 

Apa saja persiapan Emma untuk tampil menyanyi di hall bergengsi Carnegie Hall, New York bulan Juli mendatang?

Di Carnegie Hall, aku akan membawakan lagu On My Own dari Les Miserables. Saat ini persiapannya adalah aku latihan menyanyi lagu itu hampir setiap hari supaya aku tidak lupa dan lebih mantap membawakan lagu tersebut. Doakan ya semoga nanti penampilanku memuaskan.

 

Apa pengalaman audisi yang paling bikin Emma nervous dan bagaimana mengatasinya?

Not really.

Cara mengatasi nervous, aku bilang sama aku sendiri ”jangan nervous” terus tentunya jangan menyerah. Semakin sering kita pergi ke audisi, kita akan semakin terbiasa. Selain itu waktu menunggu di tempat audisi, aku suka mengajak anak-anak lain untuk main bareng dan akhirnya karena beberapa kali sering ketemu aku jadi punya teman-teman baru karena ketemu di audisi.

 

Selain jago akting dan menyanyi, apalagi bakat Emma yang lain?

Aku juga bisa main biola dan piano. Salah satu video ku menyanyi dan main biola lagu rohani I Belong bahkan sempat di retweet oleh penyanyi aslinya, Kathryn Scott dan Mrs. Scott juga mengirimkan email yang menyatakan kalau dia suka sekali mendengarkan aku menyanyikan dan memainkan biola salah satu lagu dia.

Selain musik aku juga suka sekali berenang. Sekarang aku sudah bisa berenang gaya bebas, gaya dada dan gaya punggung. Dan satu lagi, aku juga belajar menari ballet.

 

Apa lagu favorit Emma saat main musik?

Aku suka lagu-lagu dari film Disney, pop dan Broadway. Sekarang aku lagi mulai belajar lagu-lagu Jazz juga.

 

Pengalaman apa yang paling berkesan di dunia entertainment?

Waktu dapet kabar kalau aku dapat job!

Terus juga waktu syuting iklan Jeep dimana kita dikawal beberapa polisi dan ada satu adegan dimana kita lewat terowongan dan terowongannya itu ditutup cuma buat kita syuting.

Selain itu, team produksinya juga sangat memperhatikan kita para talents nya. Sampai ada mobil catering yang nyediain makanan pas kita lagi break syuting nya dan bahkan ada mobil khusus yang buat bawa portable toilet segala lho.

 

Gimana dengan sekolah Emma?

Aku sekarang sekolah di kelas kindergarten (TK) di sekolah Chinese immersion yang artinya setengah hari aku belajar dengan bahasa Inggris dan setengah hari aku belajar dengan bahasa Mandarin. Sebelum mulai sekolah bulan Agustus tahun lalu, aku cuma bisa berhitung 1-10 dalam bahasa Mandarin (diajarin nenek aku yang sedang datang liburan waktu Summer) tapi sekarang aku sudah mulai lebih lancar ngomong dan menulis menggunakan bahasa Mandarin.

Di rumah aku ngomong pakai bahasa Indonesia sementara di sekolah bahasa Inggris dan Mandarin, jadi aku sekarang bisa 3 bahasa.

 

Seperti apa sih temen-temen bermain/sekolah Emma di LA?

Di LA sini ada banyak sekali imigran, jadi teman-teman di sekolah itu berasal dari berbagai macam negara. Aku suka sekali main dengan semua teman-teman karena aku juga bisa belajar tentang budaya negara mereka masing-masing.

 

Mata pelajaran apa saja yang Emma sukai?

Aku suka pelajaran bahasa Mandarin sama matematika.

 

Bagaimana cara Emma belajar disaat sibuk?

Sekolah aku ngasih paket PR nya langsung untuk seminggu. Jadi biasanya aku berusaha untuk membuat semua PR nya di hari Senin. Jaga-jaga kalau nanti di hari-hari lainnya ada panggilan audisi. Tapi setiap hari aku masih belajar untuk test yang diadakan setiap hari Jumat. Selain itu setiap hari aku juga harus menyempatkan waktu untuk membaca 1 atau 2 buku.

Setelah semua urusan sekolah selesai baru setelah makan malam aku latihan nyanyi, piano dan biola.

 

Apa kata Papa-Mama dengan aktivitas Emma yang sangat padat?

Papa-Mama aku selalu tanya apa aku terlalu cape dengan semua kegiatan aku yang padat. Mereka enggak pernah memaksa aku untuk mengikuti semua kegiatan. Bahkan sebenernya piano dan biola itu aku yang minta sendiri untuk belajar, bukan karena disuruh papa-mama.

Sampai sekarang, walaupun sibuk, tapi aku suka sama semua kegiatan aku jadi aku tetap mau melakukan semuanya.

 

Saat senggang, apa yang biasa Emma lakukan?

Aku suka sekali main Barbie dan boneka-boneka yang lain, menggambar, main scooter dan sepeda, juga main di playground di park. Kalau lagi ada film anak-anak yang bagus, aku juga suka sekali nonton bioskop. Film terakhir yang aku tonton adalah Beauty and the Beast dan aku suka banget!

 

Apa makanan favorit Emma?

Pempek, somay, nasi putih, nasi kuning dan ramen.

 

Warna apa yang paling Emma sukai?

Sparkly pink!

 

Kalau besar nanti, Emma pengen jadi apa?

Aku kepengen jadi actress, dancer and singer.

 

Apa yang Emma kangenin dari Indonesia?

Aku kangen sama keluarga aku. Kakek nenek, om tante dan sepupu aku di Indonesia. Kita selalu Facetime sama mereka sesering mungkin, tapi aku pengen ketemu mereka lagi.

 

Budaya Indonesia apa yang Emma pelajari di rumah?

Yang pasti kita selalu ngomong pake bahasa Indonesia. Mama aku juga selalu masak makanan Indonesia di rumah. Selain itu kadang papa-mama aku juga memperkenalkan lagu-lagu daerah. Kemaren ini aku baru diajarin nyanyi lagu Butet dan Yamko Rambe Yamko.

 

Lagu berbahasa Indonesia apa yang sering Emma nyanyiin?

Aku suka lagu-lagu BCL kayak Cinta Sejati dan Sunny. Selain itu aku juga suka lagu-lagu rohani nya Citra Scholastika.

 

Jika diminta berduet, siapa penyanyi Indonesia yang ingin Emma ajak berkolaborasi?

Aku pengen sekali bisa berduet dengan Bunga Cinta Lestari! Tahun lalu video aku menyanyi lagu Cinta Sejati di-like dan dikomentari oleh BCL lho di Instagram. Video itu juga akhirnya sempat viral di Indonesia dan ditayangkan beberapa kali di acara Connect 360 di saluran TV Berita Satu.

 

Gimana menurut Emma tentang website Superkids Indonesia?

Aku suka sekali dengan website Superkids Indonesia karena isinya sangat menginspirasi untuk seluruh anak Indonesia biar bisa lebih berprestasi.

 

Apa pesan Emma buat teman-teman Superkids di Indonesia?

Pesan aku, harus rajin berlatih dan pantang menyerah! Kalau kamu suka sesuatu harus tekun dan belajar terus menerus supaya keahliannya bisa lebih terasah.

 

 

BIOFACT

Nama                           : Malea Emma Tjandrawidjaja

Tempat tgl. lahir         : Los Angeles, 14 Juli 2011

Orang Tua                   : Arman Tjandrawidjaja & Esther Tanudjaja

Hobi                             : Menyanyi, main piano & biola, ballet dan berenang

Cita-cita                      : Actress, dancer and singer

Prestasi

Model              

Fresh Face BCK Magazine, modeling untuk Just Unique Boutique  dan Angora Boutique, modeling untuk Katharina Stanic photography, Valerie Tabor Smith photography dan Belle Andrade photography.

Akting

Iklan Jeep, East West Bank, Lenovo, web video Gabriella Van Rij, tampil di pertunjukan musikal Charlie and the Chocolate Factory.

Menyanyi

Pemenang lomba Karaoke acara 17 Agustus IC-ADLA (Indonesian Catholic Community Of Archdiocese Of Los Angeles), tampil menyanyi di L.A. Live dan Santa Monica Summer Soulstice, pemenang American Protege award.

Menari

Sebagai Angel di The Nutcracker ballet.

Makanan Favorit      : Nasi putih, nasi kuning, ramen

Instagram                  : @maleaemma

Youtube                     : Malea Emma

Website                     : www.maleaemma.com

 

NURIL MAHMUDI

FOTO: KOLEKSI PRIBADI EMMA