FOLLOW US :        
 
18 Mei 2017
SEKOLAH BALET UNTUK ANAK DI JAKARTA

Balet adalah tarian yang gerakannya sangat indah dan anggun. Masuk pertama kali di Indonesia pada 1929, balet sekarang makin banyak diminati anak-anak maupun remaja. Berlatih menjadi seorang balerina butuh ketekunan, kegigihan, dan kedisiplinan. Superkids yang tinggal di sekitaran Jakarta, bisa mencobanya di beberapa sekolah balet tertua dan kaya pengalaman mengajar berikut ini.

 

Namarina Ballet. Dengan delapan cabang tersebar di penjuru Jakarta, Namarina Ballet tentu saja menjadi salah satu pilihan favorit untuk para calon balerina. Namarina Ballet berdiri sejak 1956, atau 60 tahun lalu. Ia digagas oleh balerina senior Indonesia Nanny Lubis, dan sekarang dilanjutkan putrinya balerina Maya Tamara. Dengan lebih dari 40 pelatih, Namarina Ballet punya sekitar 2.000 murid usia balita sampai dewasa. Tiap bulan, lebih 50 anggota baru mendaftar ikutan latihan di sini. Namarina Ballet sendiri mengklaim sebagai institusi tari balet tertua se-Asia Tenggara. Dalam berbagai kegiatan, para muridnya aktif tampil menggabungkan balet, jazz, dan olahraga senam. Namarina Ballet hanya ada di sekitaran Jakarta, belum meluas ke kota-kota lain. Kantor pusatnya di kawasan Guntur, Jakarta Selatan dilengkapi tiga studio full AC berukuran 9x6 meter, 9x9 meter, dan 15x9 meter.

Namarina Ballet

Jl Halimun No 43, Guntur, Jakarta Selatan

Telp: +62 21 829 4777, +62 21 829 4778, Faks: +62 21 829 8985

E-mail : info.namarina@gmail.com

Instagram: https://www.instagram.com/namarina_dance_academy/

Facebook: https://www.facebook.com/namarinabjf

Twitter: https://twitter.com/_Namarina

YouTube: https://www.youtube.com/user/NamarinaBJF

 

Ballet Sumber Cipta. Ini juga merupakan salah satu sekolah balet tertua di Indonesia, yang buka sejak 1959. Pendirinya adalah balerina senior Farida Oetoyo bersama Yulianti Parani. Awalnya, Ballet Sumber Cipta bernama Nritya Sundara dan berlokasi di kawasan Megaria, Jakarta Pusat. Sejak 1976, ia ganti nama menjadi Sumber Cipta dan kini memiliki gedung sekolah sendiri di Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Kelebihannya, Ballet Sumber Cipta menjadi satu dari sedikit sekolah balet di Jakarta yang mengikuti Metode Vaganova. Metode ini dirancang guru balet asal Rusia Agrippina Vaganova dengan menggabungkan elemen terbaik dari metode-metode balet Prancis, Italia, dan sebagainya. Farida menggunakan Metode Vaganova yang dipelajarinya saat menyelesaikan pendidikan balet di Bolshoi Ballet, Rusia. Ballet Sumber Cipta kini membuka kelas tari balet untuk kelas baby sampai advanced. Cabangnya ada dua, belum termasuk tujuh rekanan sekolah di seputaran Jakarta.

Ballet Sumber Cipta

Sumber Cipta Pondok Pinang – Gedung Ballet Sumber Cipta

Jl Pondok Pinang Raya No 1, Pondok Pinang, Jakarta Selatan

Telp: +62 21 765 9467

Twitter: https://twitter.com/sumbercipta

Instagram: https://www.instagram.com/p/BULfHUKFgp3/

Facebook: https://www.facebook.com/BalletSumberCipta

 

Marlupi Dance Academy. Berpusat di Surabaya, Marlupi Dance Academy (MDA) tetap punya nama di Jakarta. MDA didirikan balerina Marlupi Sijangga di kampung halamannya Surabaya pada 1956. Cabangnya cukup banyak sampai ke kota Padang, Bogor, Tangerang, dan Kediri. Di Jakarta sendiri, MDA gampang dicari karena cabangnya tersebar di 14 titik. MDA tentu merupakan salah satu sekolah balet tertua yang terpandang di Indonesia. Di bawah pimpinan Fifi Sijangga (putri Marlupi) sejak 1955, murid-murid MDA dikenal kaya pengalaman tampil di ajang nasional maupun internasional. April 2017 barusan, mereka tampil mewakili Indonesia di event bergengsi International Youth Dancer Festival 2017 di Miami, Florida, AS. Selain melatih gerakan balet klasik, MDA juga membuka kelas untuk berbagai tarian lain, seperti modern dance, jazz, hip hop, dan fitness.

Marlupi Dance Academy (MDA)

Jl Green Ville Maisonnette F B8, Jakarta Barat

Telp: +62 21 5656303, 5696293, Faks: +62 21 56962941

E-mail: mda@marlupi.com

Twitter: https://twitter.com/marlupi

Facebook: https://www.facebook.com/MarlupiDance

Instragram: https://www.instagram.com/marlupidanceacademy/

YouTube: https://www.youtube.com/user/marlupidance

 

Ade Rayanti School of Ballet. Berdiri sejak 1967, Ade Rayanti School of Ballet fokus mengajarkan tari balet klasik. Kurikulumnya menggunakan sistem Vaganova dari Rusia. Pada 1979, Ade Rayanti School of Ballet juga mendapatkan patron dari Alexis Rassine, London. Maka, sitem Vaganova pun dimodifikasi oleh Alexis, maestro balet dunia yang juga mantan penari utama Sadler Wells Royal Ballet dan Royal Ballet, Inggris. Tiap tahun sejak 1981, Ade Rayanti School of Ballet rutin menggelar pertunjukan dengan fragmen-fragmen balet klasik internasional. Seperti Swan Lake, Giselle, The Sleeping Beauty, Don Quiqote, Coppelia, La Bayadere, dan La Sylphide. Superkids tertarik gabung? Waktu latihannya dua kali seminggu, terbagi dalam dua tingkatan. Yaitu children grade (I-VI) dan profesional grade (elementary, intermediate, advanced). Di kelas children, usia murid minimal 3,5 tahun. Tiap murid harus mengikuti latihan menggunakan seragam balet Ade Rayanti School of Ballet (leotard putih ketat dan rok putih) dengan rambut tertata rapi.

Ade Rayanti School of Ballet

Jl Delman Indah 8/20, Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Telp: 0815 970 5878 / 0816 4836 406

E-mail: aderayanti@gmail.com

Facebook: https://www.facebook.com/balletaderayanti/

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: ISTOCK