FOLLOW US :        
 
02 Desember 2017
KURSUS BAHASA MANDARIN UNTUK ANAK DI SURABAYA

Ni hao! Menguasai bahasa asing adalah bekal kesuksesan Superkids di masa depan. Selain Inggris, bahasa yang penting untuk dipelajari adalah Mandarin. Banyak sekolah di Indonesia yang menerapkan tiga bahasa: Indonesia, Inggris, dan Mandarin. Bahkan, ada juga lho yang menjadikan Mandarin sebagai bahasa pengantarnya. Buat melancarkan kemampuan berbicara, Superkids bisa mengikuti kelas khusus bahasa Mandarin di luar sekolah. Berikut tempat kursus bahasa Mandarin untuk anak yang recommended di kota Surabaya.

 

Central Mandarin (Cenrin). Lembaga kursus ini membuka kelas untuk anak-anak, remaja, serta dewasa. Cenrin juga memberi bimbingan belajar untuk murid sekolah internasional, dan dapat membantu persiapan Superkids melanjutkan pendidikan di Taiwan dan China kelak. Metode pembelajarannya diadopsi langsung dari Taiwan. Agar murid-murid gampang menerima pelajaran, suasana belajar dirancang menyenangkan dengan diselingi kegiatan menyanyi, menggambar, membuat kerajinan tangan khas Mandarin, berbagai permainan, serta latihan soal-soal yang beragam dan berbasis komputer. Pengajarnya pun nggak sembarangan, lho.

 

Di Cenrin semua guru bergelar Sarjana Jurusan Bahasa Mandarin sebagai Bahasa Kedua (Mandarin as a Second Language) dari sebuah universitas di Taiwan. Mengutamakan kualitas, jumlah murid dalam setiap kelas dibatasi agar guru dapat menyesuaikan materi pelajaran dengan kemampuan murid. Untuk anak-anak, ada empat kelas pilihan. Yaitu Les Percakapan Mandarin Anak untuk usia 4-6 tahun, Bimbingan Belajar Mandarin Anak untuk usia 4-6 tahun, Les Percakapan Mandarin Anak untuk usia 7-11 tahun, dan Bimbingan Belajar Mandarin Anak untuk usia 7-11 tahun.

 

Central Mandarin (Cenrin)

Jl Darmo Permai Selatan XI no 43 Surabaya

Telp/WA: 0822 4485 9989, Pin BBM: 5133A3F8

 

Indonesia Tionghoa Culture (ITC) Centre. Dikelola Yayasan Indonesia Tionghoa Culture (ITC) Centre pimpinan Dahlan Iskan, kursus di sini cukup banyak peminatnya. Lokasinya memang strategis di gedung Graha Pena yang gampang dijangkau dari mana-mana. Suasana belajar dirancang semi-private agar proses belajar percakapan berbahasa Mandarin berjalan lebih efektif dan nyaman. Superkids bisa mengikuti kelas Mandarin Conversation dengan jumlah murid hanya lima orang per kelas.

 

ITC Centre sendiri didirikan sejak 2001 oleh komunitas pemerhati pengembangan budaya Indonesia dan Tionghoa di Surabaya. Lembaga ini udah banyak menjembatani hal-hal yang berhubungan dengan kebudayaan, kesenian, sosial, dan pendidikan antara Indonesia dengan China. Yang terakhir, Oktober 2017. ITC Centre kembali memberangkatkan 130 siswa penerima beasiswa pendidikan ke Tiongkok dan Taiwan. Wah, hebat ya!

 

ITC Centre

Graha Pena lantai 14 suite 1401A

Jl Ahmad Yani no 88, Surabaya

Telp: +6231+8202148, +6281 335339889, +6285 230910988, SMS 081249857305

Email: itccentre701@gmail.com, itccentre@yahoo.com

 

Yong Chun Mandarin Plus. Berdiri sejak 2008, Yong Chun Mandarin Plus adalah bagian dari Yong Chun Chinese Language Center. Lembaga ini memberi pendidikan bahasa Mandarin terpadu untuk anak-anak maupun dewasa. Bukan sekadar mahir bercakap-cakap dalam bahasa Mandarin, siswa juga dibekali pengetahuan tentang struktur bahasa dan mengacu pada Ujian HSK internasional. Selain itu, siswa akan diajarkan memahami akar bahasa dan pengetahuan budaya melalui kegiatan, pertunjukan, maupun perlombaan yang digelar Yong Chun Mandarin Plus.

 

Salah satu kelas yang banyak diminati di sini adalah Kids Program. Yaitu program berbahasa Mandarin untuk anak usia PG-TK maupun SD seperti Superkids. Kurikulumnya didesain spesifik untuk memenuhi kebutuhan pengajaran bahasa Mandarin bagi anak-anak. Yang paling diutamakan oleh Yong Chun Mandarin Plus adalah kemampuan berekspresi Superkids dalam berbahasa, yang ditunjang oleh kegiatan akademis serta budaya. Selain program reguler, ada pula Program Bimbingan Belajar untuk membantu Superkids memahami pelajaran bahasa Mandarin di sekolah, serta Program Private & Semi Private untuk Superkids yang ingin mendalami bahasa Mandarin secara cepat untuk persiapan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

Yong Chun Mandarin Plus

Ruko Araya, Galaxy Bumi Permai I 1/07, Jl Suko Semolo 154, Surabaya

Telp: +6231-71616970, +6231-5952358

E-mail: info@ycclc.com

 

Kursus Bahasa Tionghoa CHHS. Sejarah berdiri lembaga kursus ini cukup panjang. CHHS adalah singkatan nama Chong Hua High School, salah satu sekolah Mandarin tertua di Jawa Timur. Berdiri pada era 1950an, sekolah ini ditutup pemerintah sejak tahun 1967, Namun, sejak larangan pendidikan bahasa Mandarin dicabut, CHHS kembali aktif. Para alumni membentuk Perhimpunan Alumni CHHS pada 2001, yang kemudian mendirikan Kursus Bahasa Tionghoa CHHS. Kurikulumnya menggunakan materi ajar terbaru dari Tiongkok. Mulai kelas untuk Playgroup, TK, anak-anak, dewasa serta percakapan, semua menggunakan materi ajar yang sudah dicocokkan untuk siswa di Indonesia.

 

Demi meningkatkan kemampuan guru, setiap hari Rabu juga diadakan seminar dan pembinaan berbahasa Mandarin. Secara berkala, Kursus Bahasa Tionghoa CHHS pun menyeleksi siswa-siswinya yang berprestasi untuk dikirim belajar ke Tiongkok. Superkids yang mengikuti kursus bahasa Mandarin di sini dapat pula mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler secara gratis.

 

Seperti paduan suara lagu Mandarin, tarian dan musik tradisional Mandarin, kaligrafi Mandarin, serta melukis lukisan khas Mandarin. Kursus Bahasa Tionghoa CHHS memiliki kedudukan terpandang di dalam dunia pengajaran bahasa Mandarin. Jumlah siswanya hampir 1000 orang, dengan tenaga pengajar sebanyak 40 orang. Sebagian besar gurunya adalah sarjana di bidang pendidikan bahasa Mandarin.

 

Kursus Bahasa Tionghoa CHHS

Jl Undaan Kulon 1 Surabaya

Telp: +6231-5343779, +6231-5354348

E-mail: zhong.chhs@gmail.com

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: ISTOCK