FOLLOW US :        
 
09 November 2017
WAH, FOTOMU BISA EKSIS DI BADAN PESAWAT R80!

Kurang 22 hari lagi, aksi dukungan Indonesia untuk R80 bakal ditutup. R80 adalah pesawat rancangan Bachruddin Jusuf (BJ) Habibie, mantan presiden ketiga Indonesia yang sebelumnya menjabat sebagai menteri negara riset dan teknologi. Pesawat ini dijadwalin bakal uji terbang tahun 2020 dan siap diproduksi massal pada 2024. Pemerintah menetapkan pesawat R80 sebagai Program Strategis Nasional.

 

Pernah dengar? Itu sebutan lain untuk proyek yang dianggap strategis dan memiliki urgensi tinggi agar bisa segera direalisasikan. Menariknya, semua orang termasuk anak usia sekolah seperti Superkids, bisa berpartisipiasi mendukung pembuatan R80!

 

Pesawat asli Indonesia ini dirancang sendiri oleh Habibie dan disponsori perusahaannya PT Regio Aviasi Industri (RAI). Habibie mendirikan perusahaan perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang itu bersama putra sulungnya, Ilham Akbar Habibie. Nantinya, pembuatan R80 bakal dikerjakan PT Dirgantara Indonesia, industri pesawat terbang pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara, milik pemerintah Indonesia.

 

Nah, Habibie mengajak seluruh rakyat Indonesia patungan mendanai proyek pembuatan pesawat yang ditujukan sebagai angkutan udara regional di Indonesia dan luar negeri ini. Caranya melalui situs penggalangan dana dan donasi secara online, kitabisa.com. ”Kita punya sejarah patungan beli pesawat untuk Indonesia, Dakota RI-001 Seulawah! Sekarang panggilan itu kembali. Yuk, patungan pesawat R80 untuk Indonesia!” ajak Habibie.

 

Dakota RI-001 Seulawah dibeli dari sumbangan rakyat Aceh dan menjadi pesawat angkut pertama milik Indonesia. Habibie meyakini, kalau dulu bisa patungan beli pesawat buatan luar negeri, sekarang pasti bisa patungan juga untuk pesawat buatan dalam negeri.

 

Asal tahu aja, total biaya pembuatan prototype pesawat R80 mencapai lebih dari Rp 200 miliar. Sedangkan seluruh biaya pengembangan usaha sekitar Rp 20 triliun. Uang sebanyak itu sedang digalang, baik secara langsung melalui investment bankers, maupun dicarikan oleh pemerintah melalui Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional). Jadi, untuk membuat R80, sumber dananya nggak mengandalkan patungan publik ini. “Crowdfunding nilai utamanya bukan di jumlah donasi. Tapi sebagai bukti dukungan atas kebangkitan teknologi Indonesia!” tegas Habibie.

 

Nah, ada reward eksklusif lho dari RAI untuk yang ikutan mendukung pembuatan pesawat R80. Pertama, foto bakal ditampilkan di badan pesawat R80. Reward ini diberikan buat yang ikutan patungan minimal Rp 100 ribu aja. Kedua, selain foto mejeng di badan pesawat, juga dapat kaos keren bagi yang berdonasi Rp 200 ribu. Ketiga, foto terpajang di badan pesawat dan dapat hoodie untuk donasi Rp 300 ribu. buat yang menyumbang sebesar Rp 700 ribu, fotonya bakal dipajang di badan pesawat dan dapat jaket bomber. Hadiah ini bakal segera dikirim paling lama sebulan setelah kampanye selesai.

 

Banyak banget tokoh publik dan selebriti yang udah terlibat dalam aksi ini. Sampai Kamis, 9 November 2017, dana yang terkumpul mencapai Rp 5.267.914.321 dari 13.619 donatur. Meski belum jadi, pesawat R80 sudah banyak dipesan oleh beberapa maskapai. Antara lain NAM Air (anak perusahaan Sriwijaya Air) yang memesan 50 pesawat, Kalstar Aviation memesan 15 pesawat, Trigana Air Services memesan 10 pesawat, serta Aviastar sebanyak lima unit pesawat.

 

Mau ikutan? Klik di sini!

 

HAFIDA INDRAWATI