Ciatttt…! Bela Diri buat Superkids yang Cantik

Wah, pasti enak ya kalo bisa bela diri. Superkids bakal jadi lebih berani, makin PD, dan ujung-ujungnya terhindar dari bully. Olahraga ini aman kok dipelajari anak-anak mulai usia enam tahunan. Buat anak perempuan, seni bela diri apa yang cocok sebagai bekal melindungi diri?

 

Aikido. Martial art asal Jepang ini punya banyak banget penggemar dari kalangan anak perempuan. Alasan utamanya karena aikido nggak mengutamakan kekuatan fisik dan stamina. Itu berarti, Superkids nggak harus lebih kuat dari si lawan. Aikido cocok buat anak perempuan sebab tekniknya justru ngajarin gimana sih cara manfaatkin kekuatan lawan untuk balik melumpuhkan mereka. Superkids bakal dilatih penguasaan diri, teknik mengelak, mengunci lawan, melempar, sampai membanting. Jadi, ini bela diri yang sekilas kayak nyaris tanpa kekerasan. Superkids sama sekali nggak diajarin buat menyerang, melainkan hanya membela diri, meloloskan diri, dan mengalihkan energi lawan. Misal, melatih refleks tubuh pas jatuh dan menerima serangan, tanpa melukai diri sendiri maupun orang yang menyerang.

 

Wushu. Belajar gerakan wushu butuh konsentrasi dan penghayatan. Anak perempuan cocok dengan seni bela diri asal China ini karena gerakannya lebih bertujuan mengelak dan menangkis lawan, bukan menyerang. Tao Lu adalah cabang wushu yang aktif melatih seni gerak, bukan pertarungan. Latihan maupun lombanya berjalan tanpa berhadapan dengan lawan. Nah, di sini Superkids harus pura-pura sedang menepis pukulan, menangkis tendangan, dan menghindari serangan lainnya. Jadi, kemungkinan cederanya juga kecil. Dalam wushu, Superkids bisa tahu kalau tujuan belajar bela diri seharusnya memang bukan supaya jago berkelahi. Melainkan justru untuk menghindari perkelahian, dengan cara menjaga diri agak tetap tenang.

 

Kempo. Ini nih bela dirinya pata bhiksu. Gerakannya halus, cocok untuk anak perempuan. Kempo juga nggak akan ngajarin Superkids cari gara-gara alias menyerang duluan. Para kenshi (sebutan buat yang latihan kempo) benar-benar dilarang lho menyakiti, apalagi sampai membunuh lawan. Jurusnya lebih banyak menggunakan teknik pertahanan dengan tangan. Meski begitu, gerakan-gerakan kempo lebih tegas dibanding aikido. Kalaupun harus menyerang, para kenshi pasti selalu memulai dengan mengelak ataumenangkis serangan dulu, baru kemudian membalas.

 

Tae Kwon Do. Ini salah satu bela diri asal Korea paling populer. Tae kwon do bagus buat anak perempuan karena gerakannya banyak memakai tendangan. Jadi, Superkids bisa jagain diri dengan posisi badan yang nggak terlalu dekat sama si lawan. Tae kwon do juga menggabungkan ketahanan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, sekaligus strategi. Pada sesi latihan, pelatih bakal ngajarin Superkids aktif bergerak. Misalnya bermain sambil berlari, menendang, dan menghafal jurus. Nah, kalau rajin latihan, daya tahan tubuh Superkids akan meningkat dan kesehatan selalu terjaga.

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: ISTOCK

Share to :


Leave A Comment