Latihan Track untuk Superkids

Apakah Superkids minat akan olahraga lari? Kita bisa latihan track. Ada banyak alasan mengapa latihan track dapat bermanfaat bagi kita.

Menjadi anak yang aktif.

Dengan jadwal latihan track, kita akan mendapatkan rutinitas olahraga dan perlahan mengerti pentingnya hidup sehat melalui aktifitas fisik.

Mendapat kesempatan menggali bakat.

Banyak atlet memulai karir mereka dengan hanya berlari secara rekreasional saat mereka kecil, sebelum akhirnya mulai mendalami cabang olahraga ini dengan bergabung bersama klub atletik. Kita bisa berlatih di lapangan track. Sehingga bisa memupuk rasa percaya diri.

Lari adalah gaya hidup.

Jika kita terbiasa memiliki gaya hidup aktif dari kecil, kemungkinan besar kita akan terbiasa dan mempertahankannya sampai dewasa.

Belajar bekerja sama dalam tim.

Olahraga mengajarkan kita akan kerjasama dalam tim. Berlatih di lapangan track bersama teman-teman lain akan memberikan pemahaman kita pentingnya mendukung, dan menyoraki kawan akan sportifitas.

Berkenalan dengan sesama pelari.

Saat di lapangan track, seperti pelatih atau pelari dewasa lainnya akan menjadi panutan positif dalam hidup kita. Selain itu, menjadi bagian dari suatu komunitas juga akan membantu membangun rasa percaya diri kita.

Pendidikan dasar.

Lari bukan hanya sekedar menggerakan kaki secara cepat. Jika kita minat serius, latihan rutin dengan pelatih akan mengajarkan banyak hal. Misal pentingnya istirahat, pemulihan, jenis-jenis cedera, konsumsi nutrisi yang tepat, serta pelatihan mental. Ini merupakan dasar pengetahuan penting untuk membangun karir lari di kemudian hari.

Pandangan positif akan olahraga lari.

Olahraga seringkali dengan konotasi negatif karena dianggap melelahkan dan memerlukan kerja keras, sehingga membuat anak kecil merasa malas dan terpaksa melakukannya. Jika kita berlatih di track dengan bantuan pelatih dan bersama teman-teman, kita akan berada di sekitar orang-orang yang secara tulus menikmati olahraga ini.

Mendapat tantangan.

Bagi kita, acara lari anak-anak – seperti Jakarta Marathon kategori Maratoonz 2015 – atau Jakarta Kids Dash 2015 yang di Ancol mungkin hanya terlihat seperti fun run, tapi kita akan lomba lari di hari yang sangat penting. Keberhasilan berlari menyelesaikan lomba akan menjadi prestasi yang selalu kita ingat dan banggakan, serta menjadi motivasi untuk berlatih lebih giat lagi untuk lomba selanjutnya. Berapapun usia kita, tantangan merupakan hal yang membuat kita berkembang lebih baik lagi.

Pelajaran lomba.

Saat berkompetisi, kita belajar cara menghadapi lomba atau situasi yang kurang ideal. Kita juga memahami bahwa latihan dan kerja keras akan memberikan kita imbalan di hari lomba. Jika kita terbiasa akan hal ini, kita akan bersikap positif dan mempraktekannya juga di area lain dalam kehidupan ini. Selamat berlomba!

 

NURUL L. IRFAN

Share to :


Leave A Comment