Playing Soccer? U Should Know the Rules

Nggak asal cepet-cepetan lari dan menendang bola. Bermain sepakbola juga ada aturannya, lho. FIFA (Federation Internationale de Football Association atau Asosiasi Federasi Sepakbola Internasional) sebagai induk organisasi sepakbola dunia, membuat aturan khusus yang harus dipatuhi semua pemain dan tim. Laws of the Game versi terbaru 2015/2016 itu membahas 17 hal seputar sepakbola. Mulai warna rumput, area gawang, terjadinya gol, sampai keberadaan asisten wasit. Nih, simak ya aturan resmi FIFA yang perlu Superkids tahu sebelum bertanding!

 

1. Lapangan. Idealnya sih, sepakbola dilakukan di lapangan sepanjang minumum 90 meter dan maksimum 120 meter. Lebarnya minimum 45 meter dan maksimum 90 meter. Untuk pertandingan sepakbola internasional, beda lagi. Ukuran lapangannya lebih gede, yaitu panjang 100-110 meter dan lebar 64-75 meter.

2. Bola. Bola yang dipakai harus bundar dan terbuat dari kulit atau bahan lain yang sesuai. Lingkarannya nggak boleh lebih dari 70 cm, dan nggak kurang dari 68 cm. Berat bolanya juga diatur, yaitu antara 410-450 gram. Untuk pemain anak-anak usia 8-12 tahun, bolanya lebih kecil. Yaitu berat 360 gram, keliling lingkaram 64-66 cm.

3. Pemain. Sepakbola melibatkaan dua tim. Masing-masing beranggota paling banyak 11 pemain, udah termasuk satu penjaga gawang. Pertandingan nggak boleh dimulai kalau jumlah pemain salah satu tim kurang dari tujuh orang.

4. Perlengkapan Pemain. Yang wajib dipakai adalah baju kaus atau kemeja olahraga, celana pendek, kaus kaki, shin guard (pelindung tulang kering), dan sepatu. Dengan catatan, warna kaus yang dipakai pemain dalam satu tim harus sama, kecuali penjaga gawang. Untuk keamanan, pemain dilarang pakai aksesoris yang bisa melukai dirinya sendiri maupun pemain lain.

5. Wasit. Pertandingan sepakbola dipimpin seorang wasit, yang wewenangnya mutlak dalam menegakkan peraturan permainan. Wasit ini juga bertugas mengatur waktu pertandingan. Hanya wasit lho yang boleh menghentikan, menunda, atau membatalkan jalannya pertandingan.

6. Asisten Wasit. Dalam sebuah pertandingan, wasit dibantu dua asisten yang biasa disebut linesman. Tugasnya membantu wasit mengawasi pertandingan. Kalau pernah lihat ada yang bawa bendera untuk menunjukkan terjadinya offside, tendangan sudut, atau bola keluar, nah itu pasti mereka.

7. Lama Pertandingan. Sepakbola berlangsung dua babak, masing-masing berdurasi 45 menit. Jeda waktu istirahatnya nggak lebih dari 15 menit. Kalau ada pemain cidera, durasinya bisa diperpanjang lagi.

8. Memulai Pertandingan. Sebuah game diawali dengan kick off. Begitu juga saat memulai babak kedua, babak perpanjangan waktu, maupun saat terjadi gol.

9. Bola Keluar. Bola dinyatakan keluar kalau melewati garis gawang maupun lapangan, baik saat bola berada di tanah maupun melayang di udara. Bola keluar juga bisa terjadi kalau wasit menyetop pertandingan dengan alasan tertentu. Misalnya, ada yang cidera.

10. Gol!. Gol terjadi bila bola masuk ke dalam jaring, melewati garis gawang di antara dua tiang dan di bawah mistar gawang. Syaratnya, nggak ada offside, hands ball, atau pelanggaran apapun. Gol baru sah setelah wasit menyatakannya sah.

11. Offside. Ini terjadi saat permain berada di area lawan, lalu bola datang ke arahnya tanpa ada bek lagi, dan dia hanya berhadapan sama kiper. Offside nggak berlaku kalau bola diumpankan rekan tim, saat pemain masih dikawal bek lawan.

12. Pelanggaran. Ada berbagai aksi yang tergolong pelanggaran dalam sepakbola. Misalnya menendang atau berusaha menendang lawan, menjegal, menabrak, memukul, mendorong, meludahi, sengaja memegang bola, dan lain-lain. Sanksinya berupa kartu merah dan kuning. Kartu kuning merupakan peringatan keras untuk pemain, yang dinilai wasit nggak bersikap sportif. Kalau udah dapat dua kartu kuning, otomatis pemain juga akan dapat kartu merah, yang berarti harus meninggalkan lapangan.

13. Tendangan Bebas. Ini bisa dilakukan di area tempat terjadinya pelanggaran. Ada dua macam tendangan bebas, yaitu langsung dan gak langsung. Tendangan bebas langsung berarti tendangan yang langsung mengarah ke gawang. Tendangan bebas tidak langsung berarti bola harus ditendang ke pemain satu timnya dulu. Wasit akan memberi isyarat tendangan bebas dengan mengangkat satu tangan di kepala.

14. Tendangan Pinalti. Ini sanksi untuk pelanggaran yang dilakuan pada tim lawan dalam kotak terlarang. Pelanggarannya bisa berupa hands ball atau menjatuhkan lawan dengan sengaja. Posisi pinalti adalah kiper berjaga di depan garis gawang, dan satu pemain lawan siap menendang bola yang ditempatkan di lingkaran tendangan pinalti. Sedangkan pemain-pemain lain harus berada di luar kotak terlarang dan di belakang bola.

15. Lemparan ke Dalam. Lemparan ke dalam dilakukan bila bola keluar dari lapangan. Lemparan ini dilakukan oleh tim lawan. Caranya, pemain menghadap ke arah lapangan, sebagian kaki berada di atas atau luar garis samping, memegang bola dengan dua tangan, lalu melempar bola dari belakang melalui atas kepala.

16. Tendangan Gawang. Wasit akan memutuskan tendangan gawang kalau bola keluar lapangan melalui garis gawang dan nggak masuk ke jaring, baik menggelinding di tanah maupun melayang di udara, akibat tendangan atau sundulan tim lawan.

17. Tendangan Sudut. Tendangan ini dilakukan dari sudut lapangan. Penyebabnya, bola keluar dari lapangan melewati garis gawang dan tim lawan yang terakhir menyentuh. Kalau bola keluar ke arah kanan, tendangan sudut juga akan dilakukan di sudut lapangan sebelah kanan. Begitu pula sebaliknya.

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: ISTOCK

Share to :


Leave A Comment