Tips for Safety Biking On the Road

Bersepeda adalah olahraga yang mudah, praktis, dan menyenangkan. Jantung Superkids jadi lebih sehat, otot lebih kencang, dan badan semakin bugar. Bila Superkids berniat mengikuti lomba balap sepeda, atau memang rutin naik sepeda ke sekolah, ada tips aman untuk melintasi jalan besar.

 

1. Pakai Helm. Seperti pengendara motor, bikers cilik juga wajib lho pakai helm di jalanan. Tapi helmnya beda. Helm bersepeda itu ringan, tipis, aerodinamis, terbuka, dan banyak bolongan ventilasinya. Helm ini sangat penting digunakan buat melindungi kepala dari benturan. Jadi, walau bukan di jalan besar, pakai helm pun sangat disarankan buat jaga-jaga. Jatuh bukan hanya bisa terjadi di jalan besar, kan?

 

2. Jaket Ngejreng. Jaket (atau baju) sebaiknya merah, hijau, dan warna-warna ngejreng serupa. Maksudnya biar Superkids terlihat mencolok di antara pengguna jalan lain. Pengendara mobil dan motor bakal lebih mudah mengetahui kehadiran Superkids, dibanding bila memakai jaket putih, biru tua, coklat muda, hitam, atau warna gelap lainnya.

 

3. Naik Trotoar? No! Tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas. Jangan mentang-mentang pakai sepeda, lalu merasa bebas berjalan di atas trotoar yang merupakan jalur pedestrian. Pejalan kaki juga pengguna jalan yang kudu dihormati.

 

4. Jangan Lawan Arah. Kalau nekat, itu sama aja cari masalah. Jalan melawan arah merupakan salah satu pelanggaran lalu lintas yang paling umum dilakukan pengendara sepeda maupun motor. Padahal, melawan arah sangat berbahaya untuk keselamatan Superkids.

 

5. Sabar Nunggu Lampu Ijo. Menerobos lampu merah juga nggak kalah berbahaya. Bila melewati traffic light yang lampunya lagi merah, Superkids wajib berhenti di belakang zebra cross. Tetap menunggu lampu hijau, meski arus lalu lintas lagi nggak rame. Kalau ini bukan balapan, Superkids nggak perlu kebut-kebutan, apalagi berusaha menyalip dari sebelah kiri.

 

6. Jangan Ngantuk. Bersepeda itu juga butuh konsentrasi. Ngantuk akan bikin konsentrasi Superkids berkurang. Kalau nggak konsen, lubang besar di jalanan pun bisa-bisa nggak kelihatan. Hati-hati juga dengan penyeberang jalan, yang kadang melintas sambil berlari kencang.

 

7. Copot Headset. Dengerin lagu sambil berkendara mungkin asyik, kalau naik mobil. Saat bersepeda, sebaiknya headset atau earphone dilepas dulu. Musik -apalagi dengan volume keras- bisa bikin Superkids jadi kurang merhatiin suara klakson mobil atau motor di belakang. Kewaspadaan berkurang, bahaya pun mengancam.

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: ISTOCK

Share to :


Leave A Comment