54 Tahun Gerakan Pramuka

Hari ini (14/8), bertepatan dengan Hari Pramuka Nasional. Apakah Superkids juga masih menjalani upacara di peringatan ini? Aktivitas apa yang kamu lakukan di Hari Pramuka?

Hari Pramuka diperingati setiap 14 Agustus. Dan tema Hari Pramuka ke-54 tahun 2015 ini adalah tema resmi 54 tahun Gerakan Pramuka. Dalam fans page resmi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 27 Juni lalu telah mengunggah logo resmi 54 tahun Gerakan Pramuka. Dalam logo tersebut termuat tema Hari Pramuka Tahun 2015, atau tema 54 tahun Gerakan Pramuka.

Sedangkan tema 54 Tahun Gerakan Pramuka atau tema Hari Pramuka Tahun 2015 ini adalah “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda”.

Tema tersebut masih menitikberatkan pada pembentukan karakter kaum muda sebagaimana tema tahun sebelumnya. Di mana pada tahun 2014 tema yang diangkat adalah “Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi”.

Kata garda dalam tema Hari Pramuka tersebut menurut Kamus Bahasa Indonesia memiliki arti sebagai pengawal. Sedangkan garda depan memiliki arti sebagai barisan depan, perintis atau pelopor. Garda terdepan adalah pelaku perubahan, mengandung arti bahwa pramuka menjadi barisan paling depan, perintis, sekaligus pelopor dan pengawal pelaku perubahan. Perubahan tersebut ditujukan sebagai usaha pembentukan karakter kaum muda di Indonesia.

Hari Pramuka diperingati setiap tahunnya oleh para pramuka se-Indonesia setiap tanggal 14 Agustus. Tahukah Superkids sejarah dari peringatan Hari Pramuka ini? Pemilihan tanggal 14 Agustus sebagai Hari Pramuka didasarkan atas sejarah kepramukaan di Indonesia. Tepat pada tanggal tersebut,  54 tahun silam (1961) Presiden RI, Ir Soekarno, menyerahkan panji-panji Gerakan Pramuka yang dilanjutkan dengan defile untuk memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat yang diikuti  oleh sekitar 10.000 Pramuka di Jakarta.

Setiap tahun para Superkids yang tergabung dalam Pramuka pasti memperingati momen bersejarah ini, mulai dari upacara (apel) pramuka, persami, berkemah, jambore hingga lomba-lomba di kwartir setiap ranting.

Dalam surat edaran Kwartir Nasional setiap tahunnya menghimbau seluruh jajaran Gerakan Pramuka baik di dalam negeri maupun luar negeri, untuk menyelenggarakan peringatan sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah.

Bagaimana dengan Superkids sendiri, ikut upacara Pramuka tidak di sekolah hari ini? Selamat Hari Pramiuka yang ke-54 tahun!

 

NURUL L. IRFAN

FOTO: NURUL L. IRFAN

Share to :


Leave A Comment