Ayo Selamatkan Bumi Kita!

Hari ini 22 April, adalah Hari Bumi. Dan merupakan salah satu peringatan Internasional. Apa yang telah dilakukan Superkids pada hari ini, untuk menyelamatkan bumi kita?

Banyak kegiatan yang telah dilakukan di peringatan Hari Bumi ini. Banyak sekolah-sekolah juga yang menggelar acara secara khusus. Mungkin sekolah Superkids juga saat ini memperingati Hari Bumi.

Kita semakin diingatkan bahwa hutan makin sedikit, lapisan ozone makin menipis dan es kutub mencair. Intinya bumi makin hari makin rusak. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi? Sejak dini, Superkids bisa berpartisipasi untuk menyelamatkan bumi. Kita bisa memulainya dengan diri sendiri, melakukan rutinitas yang ramah lingkungan.   

Di rumah kita mulai membiasakan diri melakukan hal-hal berikut: mematikan lampu ketika tidak diperlukan dan bukalah jendela agar ruangan lebih terang, meminta Superparents untuk mengganti lampu hemat energi yang watt-nya kecil, menutup kran sementara kita menyikat gigi, mematikan komputer ketika sudah tidak terpakai, mematikan TV atau AC ketika tidak dipakai, mengusahakan tidak mandi basah memakai gayung dan menggantinya dengan shower.

Sementara itu, untuk membiasakan hidup go green, kita bisa bepergian dengan berjalan kaki kalau memang tidak terlalu jauh jaraknya, misal saat pergi sekolah atau ke tempat kursus. Selalu membawa bekal sendiri untuk ke sekolah, membawa tumbler untuk tempat minum kita.

Di  sekolah, jangan pernah menyisakan air minum di gelas atau di tumbler ketika pulang. Dan sebaiknya tetap memakai kertas bekas yang masih kosong kalau mau belajar di rumah. Menanam pohon di sekolah maupun rumah dengan memanfaatkan lahan atau space yang kita miliki.

Superkids juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas pecinta lingkungan. Misal di sekolah ada kegiatan cinta lingkungan, jangan lupa untuk bergabung. Ini adalah salah satu cara berpartisipasi untuk menyelamatkan bumi. Selamat Hari Bumi 2015.

 

NURUL L. IRFAN

DESAIN: ULFA-CAECILIA SANDY

Share to :


Leave A Comment