Gerakan Nusantara 2015 Jangkau 250 Ribu Siswa SD se-Indonesia

Gerakan Nusantara 2015 resmi diluncurkan Frisian Flag Indonesia (20/8). Hadir saat peresmian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

FrieslandCampina melalui Frisian Flag Indonesia (FFI) kembali melanjutkan Gerakan Nusantara (MiNUm Susu TiAp Hari UNTuk Anak CeRdas Aktif IndonesiA) untuk tahun ketiga.

Peresmian Gerakan Nusantara 2015 (20/8) dilakukan di SD Negeri 11 Utara Kebayoran Lama, Jakarta. Hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anies Baswedan, Human Resources and Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Sri Megawati, Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Badan POM (BPOM) RI, Halim Nababan.

Menurut Anies, membentuk pemikiran bagaimana pentingnya nutrisi bagi anak sangat diperlukan saat ini. “Masih ada problem sarapan di beberapa titik di Indonesia bahkan sampai 40 persen anak-anak masuk sekolah itu tidak sarapan,” ungkap Anies.

Makanan yang sehat dan asupan yang bergizi itu menjadi penting supaya generasi muda bisa belajar lebih produktif dan efektif. Anies menuturkan bahwa, ia sangat mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat pada persolaan ini. “Saya justru sangat mendorong dan apresiasi dengan gerakan semacam ini, makanya saya datang karena saya melihat ini penting,” lanjutnya.

Gerakan Nusantara 2015 merupakan bagian dari kampanye berkelanjutan FrieslandCampina yaitu “Drink, Move, Be Strong”, dimana tahun ini kembali melibatkan langsung tidak hanya anak sekolah, tetapi juga para guru untuk bersama-sama mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui berbagai rangkaian kegiatan untuk memicu kebiasaan positif. Mulai dari Program Edukasi Gizi dan Hidup Sehat termasuk dengan penerapannya melalui edukasi gizi dan jajanan sehat, program minum susu bersama, senam luar ruang dan permainan bola basket, pemberian booklet dan diary gizi serta renovasi dan pembangunan kantin sehat.

Gerakan Nusantara 2015 juga melakukan program Training Pengajar untuk 150 guru sekolah yang berasal dari 16 kota kabupaten di lima provinsi (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara & Sulawesi Selatan). Rangkaian kegiatan Gerakan Nusantara 2015 sendiri sudah dimulai sejak Juni lalu dan direncanakan akan menjangkau lebih dari 250.000 siswa dari 500 SD hingga November 2015.

 

NURUL L. IRFAN

FOTO: FFI

Share to :


Leave A Comment