Mari Baca Buku, Abaikan Smartphonenya

Selamat Hari Buku Sedunia. Mungkin masih banyak Superkids yang tidak tahu bahwa 23 April merupakan tanggal resmi ditetapkan sebagai Hari Buku Sedunia.

Di tanggal ini kita bisa kembali membaca buku-buku kita yang sudah berdebu, dan lupa akan sentuhan tangan kita sendiri. Hari Buku Internasional atau World Book Day adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh UNESCO untuk mempromosikan membaca, penerbitan dan hak cipta.

UNESCO memilih tanggal ini guna mendorong kepada setiap orang untuk menemukan kesenangan dalam membaca, khususnya untuk Superkids dan remaja. Hari peringatan ini juga turut memberikan apresiasi kepada pengarang-pengarang besar yang telah memberikan kontribusi terhadap kemajuan sosial dan budaya.

Konsep yang dipelopori UNESCO ini ternyata memang tidak seheboh Hari Kasih Sayang, Hari Buruh Sedunia, Hari Ibu ataupun hari-hari besar internasional yang lain. Banyak daerah-daerah di Indonesia yang berpartisipasi untuk memperingati Hari Buku Sedunia. Mungkin di sekolah Superkids juga ada aktivitas dalam rangka peringatan ini.

Kegiatan-kegiatan dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia ini diharapkan menjadi inspirasi bagi banyak orang dan dapat memboomingkan buku kembali. Karena peran buku saat ini sepertinya semakin tergantikan oleh perangkat-perangkat digital yang membanjiri seluruh pelosok dunia. Akhirnya banyak buku-buku yang terbengkalai karena perangkat digital tersebut.

Pembajakan-pembajakan buku merajalela lewat aksi-aksi yang semakin rapi, karena bantuan perangkat digital seperti sekarang. Lebih mirisnya lagi, banyak Superkids yang lebih memilih gadget, seperti tablet android dan smartphone untuk bermain daripada buku-buku gambar ataupun kertas sebagai media corat-coret.

Mulai hari ini, ayo kita cintai buku kita lagi. Mari kita tanamkan budaya membaca buku sejak dini untuk kita semuanya.

 

NURUL L. IRFAN

DESAIN: ULFA-CAECILIA SANDY

Share to :


Leave A Comment