Napak Tilas 60 Tahun KAA

Hari ini adalah hari bersejarah dunia, 60 Tahun KAA (Konferensi Asia Afrika). Para pelajar menyambut para pemimpin dunia yang mengikuti napak tilas di Bandung .

Pagi ini (24/4), Bandung kembali mengulang sejarah perhelatan akbar KAA. Pengamanan dan prosesi penyambutan terlihat di jalanan di sekitar lokasi napak tilas 60 tahun KAA. Dari depan Hotel Grand Preanger yang dekat dengan Gedung KAA, ratusan pelajar sekolah berdiri rapi mulai dari Jalan Tamblong hingga Jalan Asia-Afrika. Mungkin Superkids Bandung berada di antaranya.

Mereka berdiri sembari membawa bendera Merah Putih untuk dilambaikan saat konvoi para delegasi KAA melintas. Senyum ceria para pelajar di Bandung ini akan menjadi saksi sejarah 60 tahun KAA di Kota Kembang.

Rangkaian acara puncak KAA di Bandung telah dimulai pada pukul 09.00 pagi ini, di mana rangkaian diawali dengan napak tilas para pemimpin Asia-Afrika. Mereka berjalan dari Hotel Savoy menuju Gedung KAA, seperti yang terjadi 60 tahun lalu.

Peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) sepakat untuk memilih Bandung sebagai Ibu Kota Asia dan Afrika, karena memiliki sejarah panjang dalam menginspirasi negara-negara di kedua benua tersebut dalam memperoleh kemerdekaan.

Yuri Octavian Thamrin, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, mengatakan penetapan Bandung sebagai Ibu Kota Asia dan Afrika akan menjadi salah satu hasil dari KAA. Bandung sangat bersejarah dalam upaya negara-negara di kedua benua meraih kemerdekaannya.

Penyelenggaraan KAA untuk pertama kalinya di Bandung pada 1955 dianggap menjadi titik balik dari perjuangan negara-negara di kedua benua memperjuangkan keadilan dan kesetaraan dengan negara lain. Hingga kini, Dasa Sila Bandung masih dianggap relevan dalam menjawab berbagai persoalan yang terjadi di dua benua ini.

Pemerintah Indonesia juga akan menetapkan 24 April sebagai Hari Asia Afrika untuk memperingati solidaritas kedua kawasan. Peringatan ini diharapkan mampu mengingatkan semua pihak untuk terus merealisasikan komitmennya di KAA.

Presiden Joko Widodo, Presiden China Xi Jingping dan Raja Swazilland dijawalkan akan memberikan sambutan di acara puncak KAA ini. Apakah Superkids yang berada di Bandung juga ikut menyambut peringatan bersejarah ini?

 

NURUL L. IRFAN

DESAIN: ULFA-CAECILIA SANDY

 

Share to :


Leave A Comment