Peringatan Hardiknas 2 Mei

2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Dan di hari itu semua sekolah menggelar upacara peringatan. Apakah sekolah Superkids juga mengadakan upacara Hardiknas?

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, itulah slogan yang sering kita dengar. Pahlawan merupakan sosok yang sangat berarti bagi perkembangan negara kita. Misal pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang hingga Indonesia merdeka. Tanpa jasa mereka yang merebut serta mempertahankan kemerdekaan, Indonesia tidak akan merdeka.

Pahlawan tidak selalu identik dengan mengangkat senjata dan berperang. Salah seorang yang berjasa memajukan pendidikan di Indonesia adalah Ki Hajar Dewantara. Ia lahir di Yogyakarta pada 2 Mei 1889, dan diberi nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat yang berasal dari keluarga lingkungan kraton Yogyakarta. 

Saat usianya 40 tahun ia berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara. Sejak saat itu Ki Hajar Dewantara tak lagi menggunakan gelar kebangsawanan Raden Mas di depan namanya. Tujuannya agar ia bisa bebas dekat dengan kehidupan rakyat, tanpa dibatasi oleh ningrat dan darah biru kehidupan keraton.

Di usia yang masih terbilang muda disamping kesibukannya sebagai seorang wartawan Ki Hadjar Dewantara juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Karya-karya Ki Hajar Dewantara yang menjadi landasan pengembangan pendidikan di Indonesia adalah ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. Artinya di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan. Ini menjadi slogan pendidikan yang digunakan hingga saat ini.

Sekembalinya dari Belanda, tempat pengasingan, 3 Juli 1922, Ki Hajar Dewantara mendirikan sebuah perguruan Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa atau Perguruan Nasional Taman Siswa. Dari sinilah lahir konsep pendidikan nasional hingga Indonesia merdeka.

Ki Hajar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Pengajaran Indonesia dalam  kabinet pertama Republik Indonesia. Ia juga mendapat gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa, Dr.H.C.) dari Universitas Gadjah Mada, pada 1957. 

Atas jasanya dalam merintis pendidikan umum di Indonesia, Ki Hajar Dewantara dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959, 28 November 1959, hari kelahiran Ki Hajar Dewantar yaitu 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Dan hingga kini setiap 2 Mei banyak sekolah menggelar upacara.

 

NURUL L. IRFAN

DESAIN: CAECILIA SANDY

 

Share to :


Leave A Comment