Peringatan Kebangkitan Nasional 20 Mei

Hari ini, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan. Bagaimana sejarahnya?

Kebangkitan Nasional ditandai dengan 2 peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli.

Tokoh-tokoh sejarah kebangkitan nasional adalah Gunawan, Soetomo, dr. Tjipto Mangunkusumo, dr. Douwes Dekker, Suwardi Suryoningrat (Ki Hajar Dewantara) dan lain-lain. Tahukah Superkids jika 20 Mei 1908, berdirinya Boedi Oetomo dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional?

Bangsa Indonesia dijajah oleh Belanda, hidup dalam penderitaan dan kebodohan selama ratusan tahun. Bahkan tingkat kecerdasan rakyat, sangat rendah. Hal ini adalah pengaruh sistem kolonialisme yang berusaha untuk ‘membodohi’ dan ‘membodohkan’ bangsa jajahannya.

Dengan Soetomo sebagai motor, timbul niat di kalangan pelajar STOVIA di Jakarta untuk mendirikan perhimpunan di kalangan para pelajar guna menambah pesatnya usaha mengejar ketertinggalan bangsa. Langkah pertama yang dilakukan Soetomo dan beberapa temannya adalah mengirimkan surat-surat untuk mencari hubungan dengan murid-murid di kota lain di luar Jakarta. Misal Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Magelang.

Pada hari Sabtu, 20 Mei 1908 pukul 9 pagi, Soetomo dan kawan-kawannya: M. Soeradji, M. Muhammad Saleh, M. Soewarno, M. Goenawan, Soewarno, R.M. Goembrek, dan R. Angka berkumpul dalam ruang kuliah anatomi. Setelah segala sesuatunya dibicarakan, mereka sepakat memilih ‘Boedi Oetomo’ menjadi nama perkumpulan yang baru saja mereka resmikan berdirinya.

Boedi artinya perangai atau tabiat. Sedangkan Oetomo berarti baik atau luhur. Boedi Oetomo yang dimaksud oleh pendirinya adalah perkumpulan yang akan mencapai sesuatu berdasarkan atas keluhuran budi, kebaikan perangai atau tabiat dan kemahirannya. Akhirnya 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

 

NURUL L. IRFAN

DESAIN GAMBAR: CAECILIA SANDY

Share to :


Leave A Comment