Rayakan Hari Bumi di Xin Zhong School

Murid-murid antusias bersepeda, berlari dan main layangan di sekitar sekolah.

Ratusan sepeda memenuhi halaman parkir Xin Zhong School di Pakuwon City, Surabaya, Sabtu 11 April 2015. Pagi itu murid Primary, Secondary dan Pre University ramai-ramai berkeliling mengayuh sepeda. Murid kelas 1-3 kebagian rute khusus di sekitar sekolah saja. Walau jalurnya pendek, bukan berarti jalannya gampang, lho. Banyak rintangan yang harus mereka lalui sebelum sampai ke garis finish. Sementara murid kelas 4-10 membakar kalori dengan bersepeda mengelilingi kawasan Pakuwon City. Siapa yang pertama kembali ke finish, dapat hadiah menarik.

Kegiatan ini merupakan bagian dari “Xin Zhong Earth Day Celebration 2015: Act for the Planet”. Meski Hari Bumi-nya sendiri jatuh 22 April nanti, semangat ramah lingkungan sudah sangat terasa di sekolah tiga bahasa ini. Nggak cuma bersepeda, sejumlah siswa juga memilih lari sebagai kegiatan peringatan Hari Bumi. Semua berkumpul di halaman untuk senam pagi, sebelum memulai lari dan mengayuh sepeda. Kegiatan sengaja dikemas dalam bentuk olahraga, sesuai tema “Health Mind, Health Body, Healthy Earth”.

Menurut Kepala Sekolah SD Bertha Herawati, jarang sekali ada muridnya yang pergi ke sekolah mengendarai sepeda. “Padahal bersepeda itu sehat dan mengurangi polusi udara. Kami melakukannya serentak sebagai upaya mengurangi kotoran di Bumi,” ujar Bertha pada Superkids Indonesia. Para murid pun mengaku sangat gembira mengikuti kegiatan wajib ini. Mereka menitipkan sepeda ke sekolah sejak Jumat, sehari sebelumnya. Pada Sabtu pagi, mereka tinggal naik dan mengayuh. “Nggak ngerasa capek karena bareng teman-teman,” kata siswi kelas 6, Ellen Andrea dan temannya Clara Angelia Gunawan.

Saat berkumpul kembali di halaman sekolah, acara yang nggak kalah seru menunggu: lomba layangan! Murid kelas 1-3 ramai-ramai membuat sendiri layangan di sana. Semua alat dan bahan sudah disiapkan pihak sekolah. Sedangkan murid kelas 4-10 membawa sendiri layang-layang dari rumah, yang dihias dengan tema Hari Bumi. Gio Aiken, murid kelas 5B, mengaku menghias layangannya dengan bantuan mommy. “Bikinnya baru semalam. Aku kasih gambar kura-kura dan Bumi, karena kebetulan kura-kura ini hewan kesayanganku. Di rumah aku punya dua ekor,” ujar Gio bangga. Kerja kerasnya nggak sia-sia karena Gio terpilih sebagai juara menghias layang-layang.

Selain lomba layangan, ada pula bazaar yang diikuti puluhan stan. Salah satu yang ramai dikunjungi murid-murid adalah stan Ken n Art. Pemiliknya pasangan Iie Hadinata dan Ira Kurnia Santoso menggelar Stone Drawing alias menggambar di batu. Mereka membawa sekarung batu hias dan spidol gambar aneka warna. Semua boleh menggambar di atas batu-batuan itu tanpa dipungut biaya. Hasilnya pun bisa dibawa pulang. “Temanya tetap Earth Day. Makanya anak-anak bikin gambar Bumi, pohon dan lain-lain, meski ada juga yang gambar orang atau robot,” ujar Ira, yang menyiapkan bingkisan menarik untuk karya terbaik. 

Murid kelas 4D, Crystabelle dan sahabatnya murid 4C, Cherish sengaja membuat gambar sambungan. Crystabelle menghias batunya berwarna dasar emas dan Cherish perak. Mereka lalu membuat gambar pelangi yang terpotong. Kalau batu mereka diletakkan berdampingan, akan terlihat gambar pelangi yang indah dengan tulisan BFF, singkatan best friend forever. Bazar yang ramai itu bahkan juga dibanjiri beberapa murid dan orangtua dari sekolah lain. Seperti Allano Gavrillo Tjokro dan Allena Lavendria Tjokro, adik-kakak yang bersekolah di AELI School. Keduanya terlihat asyik menggambar batu di stan Ken n Art.

Walau peringatan Hari Bumi hanya digelar setahun sekali, Bertha memastikan bahwa kegiatan sehari-hari di Xin Zhong School juga nggak lepas dari aksi melindungi planet tercinta ini. Ia mencontohkan, sampah di sana sengaja dipisahkan antara yang basah dan kering. Tujuannya untuk memudahkan petugas kebersihan memilah sampah plastic yang bisa didaur ulang. “Kami juga menegaskan pentingnya hemat energi. Kalau aktivitasnya di luar kelas, lampu dan pendingin ruangan harus dimatikan,” jelas Bertha.

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: HAFIDA INDRAWATI

 

 

Share to :


Leave A Comment