Wah, Ada Dinosaurus di Surabaya!

Bisa dinaiki dan disuapi.

Pingin main bareng T-rex si kadal raksasa? Berkeliling menunggangi Ankylosaurus yang tubuhnya bercangkang? Atau ngasih makan lima bayi dinosaurus yang sedang kelaparan? Semuanya hanya mungkin terjadi di arena “The Greatest Adventure of Robo vs Dino, Escape to Planet Earth” di Grand City Surabaya. Selama 11 hari pada 14-25 Oktober 2015, nggak kurang 10 robot tiruan hewan purba ini berkeliaran di sana.

Ada Tyrannosaurus rex alias T-rex, karnivora superganas Megalosaurus, Ceratosaurus dengan hidung khasnya yang bertanduk, Velociraptor nan gesit, burung pemakan daging Deinonychus, maupun Baryonyx si cakar berat yang baru ditemukan di Inggris tahun 1986. Meski berukuran lebih kecil dari aslinya, para dinosaurus ini tetap berbadan jumbo dengan panjang badan sekitar dua meter. Sebanyak enam miniatur dinosaurus berada di area kandang terbuka Dino Robot Park, siap menghibur siapapun yang ingin merasakan sensasi duduk bergoyang di punggungnya.

Athaulah Daud Azka sangat antusias melihat kehadiran wahana-wahana ini. Udo, begitu dia akrab disapa, menjadi salah satu pengunjung cilik pertama yang berkesempatan masuk ke kandang dinosaurus dan naik ke punggung mereka. Pilihannya jatuh pada Velociraptor yang gerakannya paling lincah. Udo terlihat sumringah merasakan badan dinosaurus ini bergerak ke kiri dan ke kanan, sambil mengibaskan ekor panjang. “Dia memang ngefans banget sama dino,” maklum sang bunda Ryzka Nurkumala.

Bila hewan-hewan di kandang hanya bisa bergerak di tempat, tiga dinosaurus Ankylosaurus siap mengajak kita jalan-jalan mengelilingi ground floor. Jalannya memang pelan dan akan berhenti melangkah tiap dua menit. Meski begitu, anak-anak tetap antusias menunggu giliran mengendarainya. Nggak itu saja, Superkids. Pertunjukan ini juga akan dimeriahkan Robot vs Dino Show, Meet and Greet Robot and Dino, Feeding Dino Experience, Robot Activities, Treasure Hunter, Robotic Music Show, Dancing Robot Show dan lain-lain.

Pada hari biasa, untuk masuk ke kandang dino, kita hanya perlu membayar tiket Rp 50.000. Sedangkan akhir pekan dan tanggal merah Rp 75.000. Di dalam, kita bebas mencoba semua wahana dinosaurus maupun permainan robotik yang ada. Di luar kandang, kita pun boleh mengendarai Ankylosaurus dan mencari fosil dinosaurus di kolam pasir, tanpa biaya tambahan lagi.

Yang paling membanggakan, seluruh robot dinosaurus yang keren banget ini merupakan buatan asli Indonesia. Tim Sekolah Robot Indonesia Sari berhasil merakit total 17 robot dalam empat bulan. Sebelum dibawa ke Surabaya, mereka pernah menghibur para Superkids di Jakarta dengan rekor pengunjung terbanyak mencapai 3.000 anak sehari. Sebetulnya robot-robot dinosaurus ini nggak cuma kuat memanggul anak-anak, melainkan juga orang dewasa. “Dari Surabaya, kami akan melanjutkan tur ke Bali dan Solo. Ada pula undangan untuk mampir ke Palembang dan Lampung,” jelas Asistance Director Sekolah Robot Indonesia Sari, Daniel Handes pada Superkids Indonesia.

Acara hasil kerjasama Grand City Surabaya, Sekolah Robot Indonesia Sari dan Robopark Indonesia ini nggak hanya menampilkan atraksi dinosaurus. Melainkan juga sisi edukasi dan interaksi. Di dekat setiap wahana, tercantum keterangan singkat tentang sosok dinosaurus tersebut. Mau lebih jelas? Ada perpustakaan mini yang menyediakan banyak bacaan tentang dinosaurus. Buat yang tertarik sama robotik, silakan mampir ke arena Sumo Robot, Hunter Robot, Soccer Robot, Chatcher Robot, dan Robot Creator. Kita bisa berinteraksi dengan para dinosaurus dalam sesi Feeding Dino Experience dan berjoget bersama para robot dalam sesi Dancing Robot Show. Ada 10 robot siap mengajak kita semua menari diiringi 10 lagu-lagu hits yang tentu kita sukai. Seperti “Banana Song” (soundtrack “Minions”), “Let It Go” (soundtrack “Frozen”) sampai “Sajojo”, lagu daerah Papua.

Tiap hari ada sembilan sesi permainan. Masing-masing berdurasi satu jam dan dibatasi untuk 140 sampai 200 orang. Sesi pertama berlangsung pukul 10.30-11.30, sesi terakhir pukul 20.30-21.30. Robot vs Dino Show hanya berlangsung satu kali pada hari biasa, yaitu pukul 18.30-19.30. Akhir pekan dan tanggal merah, pertunjukan ditambah menjadi dua kali, 16.30-17.30 dan 18.30-19.30. Live show pertarungan dinosaurus melawan robot ini boleh ditonton siapapun, tidak dipungut biaya. “Masih dalam rangka perayaan HUT ke-5 Grand City Surabaya pada 10 Oktober lalu, kami persembahkan acara ini untuk menghibur anak-anak yang baru selesai UTS (ujian tengah semester),” jelas Marcomm Manager Grand City Mall Surabaya Jesica Juwono.

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: HAFIDA INDRAWATI

Share to :


Leave A Comment