Manfaat Panahan untuk Superkids

Panah adalah senjata andalan Robin Hood, si pahlawan fiktif dalam cerita rakyat Inggris. Kalau Superkids rajin memantau berita, pasti tahu dong tentang Presiden Jokowi mengisi akhir pekan dengan ikutan Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka 2017, beberapa hari lalu. Olahraga panahan memang makin populer belakangan ini.

 

Superkids bisa belajar panahan sejak usia delapan tahun, saat kontrol emosi makin bisa dilakukan. Banyak lho manfaatnya untuk pembentukan karakter Superkids. Berikut ini misalnya.

 

1. Kontrol Emosi. Seperti golf, olahraga panahan butuh ketenangan dan konsentrasi tinggi. Ini bukan tentang siapa cepat, dia yang menang. Targetnya nggak bergerak. Jadi, musuh utama berasal dari dalam diri si pemanah itu sendiri. Dengan panahan, Superkids akan belajar untuk lebih tenang, nggak harus buru-buru, mengatur nafas, dan menjaga emosi tetap stabil, supaya anak panah melesat tepat menuju sasaran.

 

2. Lebih Fokus. Panahan melatih Superkids untuk sangat fokus mempersiapkan segala detail dari awal hingga akhir. Mulai sikap tubuh yang benar memegang busur, sampai saat melepas anak panah. Superkids harus bisa berkonsentrasi di tengah gangguan-gangguan suara, pikiran, juga pandangan yang mungkin akan muncul tiba-tiba. Sikap ini akan membentuk karakter Superkids menjadi anak yang sangat fokus mengerjakan sesuatu.

 

3. Meningkatkan Keseimbangan. Memanah berarti mengoordinasikan kerja otak dan otot. Cerebellum yang ada di bagian belakang otak mengirim sinyal pada otot untuk menjaga kondisi tubuh supaya seimbang. Saat melepaskan anak panah, Superkids pun terlatih supaya bisa mengontrol tubuh dengan baik. Tubuh juga akan jadi lebih kuat, terutama di bagian lengan, tangan, dada dan pundak. Ini diperoleh dari latihan menarik tali busur secara benar.

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: ISTOCK

Share to :


Leave A Comment