10 Istilah Dunia Balap Terpopuler

Siap-siap, Superkids. Akhir pekan ini pasti banyak yang ngomongin tentang Rio Haryanto, terutama di dunia maya. Rio adalah pebalap Formula 1 pertama dari Indonesia. Minggu 20 Maret 2016 nanti, dia siap mencatat sejarah menjalani grand prix perdana di Melbourne Grand Prix Circuit, Australia. Pebalap 23 tahun asal kota Solo ini bakal berada satu lintasan lho dengan juara-juara dunia, seperti Lewis Hamilton dan Kim Raikkonen. Nah, biar Superkids makin nyambung nonton siaran live-nya pukul 12.00 WIB, mendingan tahu dulu beberapa istilah yang sering dipakai dalam dunia balap.

 

PIT STOP. Tempat khusus buat pebalap berhentiin kendaraan untuk urusan teknis. Misalnya ngisi bahan bakar, mau ganti ban, ngecek ulang mesin, dan lain-lain. Dalam sebuah balapan, tiap tim punya Pit Stop sendiri-sendiri.

LAP. Gak ada hubungan sama kain pembersih, lap dalam dunia balap berarti satu putaran track yang dilakukan pebalap di sirkuit. Kalau Superkids dengar ada yang nanya, “Udah berapa lap?”, itu maksudnya “Udah berapa putaran?”.

OVERLAP. Saat pebalap tertinggal atau justru ninggalin lawannya hingga satu lap maupun lebih.

OVERTAKE. Mendahului kendaraan pebalap lain di depannya. Ini bisa dilakukan di track lurus maupun tikungan.

OUTPACE. Berhasil mengalahkan lawan dengan kecepatan lebih tinggi.

OUTBRAKE. Saat pebalap berani ngerem lebih lambat melewati tikungan ketimbang pebalap di sampingnya.

SLIPSTREAM. Membuntuti atau mengikuti lawan secara ketat, seolah nempelin kendaraan di depan. Tujuannya sih mau coba-coba, siapa tahu bisa menyusul dengan melakukan outbrake di salah satu tikungan.

JUMP START. Pebalap yang mencuri start, alias bergerak duluan sebelum lampu start padam.

OUTQUALIFY. Saat pebalap ngalahin pebalap lain dalam sesi kualifikasi. Ini biasanya digelar H-1. Untuk Rio, sesi kualifikasinya dijadwalin Sabtu 19 Maret pukul 13.00-14.00 WIB.

CHEQUERED FLAG. Bendera papan catur yang dikibarin tanda lomba udah selesai. Bendera pertama dikibarin pada pemenang alias yang pertama menyelesaikan lomba. Bendera ini juga terus dikibarin pada tiap pebalap yang menyusul di belakangnya, sampai habis.

 

Nah, gimana? Kita doain semoga Rio berhasil harumin nama Indonesia, ya!

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: THINKSTOCK

Share to :


Leave A Comment