Bertarung Sportif dalam Ultra School Sport Day

Kompetisi antarsekolah Ultra School Sport Day (USSD) sedang road show ke beberapa kota. Setelah Tangerang (16-17/4), Bogor (30/4), Surabaya (28/5), dan Malang (27/8), acara yang digelar Superkids Indonesia bareng Ultra Milk, ini, juga bakal mampir ke Yogyakarta pada 24 September 2016 mendatang. USSD telah melibatkan ratusan Superkids dari puluhan sekolah untuk tampil menunjukkan kemampuan terbaik di bidang seni maupun olahraga. Apa aja sih lombanya?

 

Ultrathlon (Fun Run). Terinspirasi dari olahraga triathlon yang menggabungkan renang, bersepeda, dan lari, Ultrathlon juga merupakan kombinasi beberapa olahraga populer yang banyak disukai anak-anak. Rintangan pertama yang harus dilalui adalah berlari meloncati ban-ban berwarna ngejreng yang dijejer di lintasan. Selanjutnya, merayap di bawah bentangan jala bertabur dedaunan kering serendah 50 meter. Lalu, Superkids juga harus menggunakan gym ball untuk duduk berloncatan seperti bermain jumping ball di rumah. Ini dilanjut dengan lari jarak pendek, dan terakhir bersepeda sampai ke garis finish. Lomba dilakukan secara estafet. Masing-masing sekolah menerjunkan 10 atletnya. “Ultrathlon khusus untuk murid kelas 1, 2, dan 3. Makanya disebut juga Fun Run karena sengaja dikemas menyenangkan untuk anak,” jelas Mochamad Johan, koordinator USSD kategori lomba Ultrathlon. Hadiah utamanya piala plus tabungan Rp 1.000.000, kedua Rp 750.000, dan ketiga Rp 500.000. Semua pemenang juga bakal dapat medali, sertifikat, dan goodie bag.

 

Mini Soccer (Futsal). Sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak digemari di seluruh dunia. Dalam USSD, ada sepak bola versi kecil-kecilan yang nggak kalah seru dengan pertandingan asli di lapangan hijau. Mini Soccer melibatkan dua tim dari dua sekolah. Masing-masing berisi lima pemain inti, termasuk kiper. Tiap tim bebas menyiapkan beberapa pemain cadangan yang dibutuhkan. Durasi pertandingan 10 menit x dua babak. Mirip futsal, namun Mini Soccer USSD berlangsung outdoor menggunakan lapangan sekolah. Superkids yang berpartisipasi sebagai suporter bisa menyemangati tim andalan dari pinggir lapangan. Kompetisi ini diikuti para pesepakbola cilik yang duduk di kelas 4, 5, dan 6. USSD menyiapkan hadiah piala untuk para pemenang, serta tabungan Rp 1.000.000 untuk juara pertama, Rp 750.000 untuk juara kedua, dan Rp 500.000 untuk juara ketiga. Tiap pemain tim yang menang juga bakal  mendapatkan medali, sertifikat, dan goodie bag dari Ultra Milk.

 

Basketball. Superkids suka olahraganya Michael Jordan ini? Wah, USSD juga memasukan basketball sebagai salah satu olahraga yang dilombakan, lho. Basketball merupakan pilihan kegiatan ekstrakurikuler yang cukup banyak peminatnya. Di ajang USSD, satu tim berisi lima pemain, belum termasuk para pemain cadangan. Pertandingan berlangsung dua babak, masing-masing berdurasi 10 menit. Basketball bisa diikuti Superkids kelas 4, 5, dan 6 saja. Pemainnya gabungan putra-putri. Jadi, kalau ada satu jagoan basket cewek di sekolah, dia bisa gabung bersama tim yang bertarung dalam lomba ini. Hadiah piala beserta tabungan Rp 1.000.000 akan dibawa pulang tim basketball yang meraih juara pertama. Disusul piala dan tabungan Rp 750.000 buat juara kedua, serta piala dan tabungan Rp 500.000 untuk pemenang ketiga. Semua pemain pun bakal membawa pulang medali, sertifikat, dan goodie bag.

 

Modern Dance. Selain olahraga, USSD pun menggelar kompetisi seni tari modern yang mendorong Superkids aktif bergerak. Tarian ini bisa dilakukan secara solo maupun beregu. Peserta bebas memilih musik pengiring dan wajib membawanya dalam kemasan CD untuk diputerin saat tampil. Penilaian meliputi antara lain koreografi, kostum, dan kekompakan. Jadi, penting banget buat latihan sebelum hari H, ya. Latihan serius bisa bikin Superkids nggak grogi, nggak kaku, dan gerakannya makin kompak saat perform. Peserta Modern Dance bakal beraksi bukan hanya di hadapan juri, melainkan seluruh murid dan guru yang menyaksikan di sekitar area panggung. Hadiahnya sama seperti pada kompetisi Ultrathlon, Mini Soccer, dan  Basketball. Yaitu piala plus tabungan senilai Rp 1.000.000 (juara 1), Rp 750.000 (juara 2), dan Rp 500.000 (juara 3). Penari yang tampil secara beregu juga masing-masing akan mendapat medali, goodie bag, dan sertifikat.

 

School Best Project. Tantangan yang nggak kalah seru di ajang USSD adalah School Best Project (SBP). Berbeda dari lomba-lomba lain yang menguras keringat dan berlangsung live di lapangan, SBP harus udah diselesaikan sebelum hari H. SBP mengajak Superkids berkolaborasi dengan para guru membuat sebuah karya seni berbahan kardus bekas Ultra Milk. Pilihan temanya Our Superschool dan My City In the Future. Batas waktu pengumpulan karya SBP adalah pada hari pelaksanaan USSD. Hadiah utamanya adalah printer multifungsi yang bakal berguna banget buat menunjang kegiatan sekolah. Lomba ini secara nggak langsung juga mengampanyekan aksi daur ulang sampah bekas di lingkungan sekolah. Dengan sentuhan kreativitas, sampah kering memang bisa diolah kembali menjadi barang-barang berguna seperti souvenir cantik.

 

Milk Everyday Challenge. Doyan minum susu, kan? Nah, lomba ini wajib banget diikuti Superkids. Caranya gampang, kok. Milk Everyday Challenge mengajak Superkids menerapkan kebiasaan sehat minum susu setiap hari. Tiap sekolah yang menjadi peserta USSD bakal dibagiin sekitar 200 reward book, jauh hari sebelum USSD digelar. Buku ini berisi kolom-kolom kecil tempat Superkids bisa nempelin logo Ultra Milk selama 21 hari. Jadi, habiskan susunya, tempelkan logo Ultra Milk, dan bawa bukunya ke ajang USSD untuk mendapat hadiah menarik. Ada 10 medali, sertifikat, goodie bag, dan merchandise cantik sebagai hadiahnya. Pemenang yang beruntung juga bakal membawa pulang kamera polaroid keren buat foto-fotoan!

 

Kompetisi USSD tidak dipungut biaya. Informasi selengkapnya, hubungi:

Superkids Indonesia

Plaza Intercon, Taman Kebon Jeruk Blok A-18, Jakarta Barat 11630

E-mail: schoolattack@superkidsindonesia.com

Telp: 0812-8270-4142, 021-530 4510

Faks: 021-584 0781

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: DOKUMENTASI USSD

Share to :


Leave A Comment