Catur Pelajaran Wajib?

Setiap anak berusia enam atau lebih di Armenia diwajibkan untuk belajar catur. Apa manfaatnya ya buat kita?

Pemerintah di sana percaya bahwa pelajaran ini akan membantu mengembangkan intelektual Superkids, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Armenia memiliki banyak alasan untuk percaya pada catur. Mereka memperlakukan grandmaster beberapa negara di Eropa dan Amerka Latin layaknya memperlakukan bintang sepakbola. Kejuaraan-kejuaraan diumumkan di baliho-baliho raksasa di kota-kota dan kemenangan dirayakan meriah. Sebagaimana perayaan kemenangan di negara-negara penggila sepakbola.

Negara ini hanya memiliki populasi sekitar 3,2 juta jiwa. Namun pecatur negeri itu kerap mengalahkan negara-negara besar yang merupakan gudang pecatur hebat seperti Rusia, Cina dan Amerika Serikat. Tim nasional negeri ini juga meraih emas Olimpiade Catur Internasional pada 2006 dan 2008.

Yang menarik, sebagai ketua Federasi Catur Armenia dijabat oleh Presiden Armenia, Serzh Sargsyan. Dan, saat ini negara penggila catur ini menginvestasikan hampir $ 1,5 juta (£ 920,000) untuk mengajar semua anak-anak di negeri itu bermain catur.

Hingga saat ini memang belum ada bukti yang menunjukkan keuntungan dari pewajiban pelajaran permainan catur di sekolah. Tapi, sebuah studi yang dilakukan selama dua tahun di Amerika Serikat oleh Dr Stuart Marguilies menemukan bahwa belajar catur meningkatkan membaca nilai tes dan kinerja membaca di Sekolah Dasar.

“Tidak hanya memberikan anak kemampuan berpikir yang baik dan meningkatkan konsentrasi, memori dan perhitungan, tetapi (juga) mengajarkan anak-anak untuk mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka,” ucap Malcolm Pein, seorang chief executive Sekolah dan Komunitas Catur, yakni sebuah program yang menempatkan catur ke sekolah-sekolah Inggris.

Menurut Pein, keunggulan lainnya dari catur adalah olahraga ini sangat murah. Sehingga benar-benar dapat membantu anak-anak di daerah yang kurang beruntung secara ekonomi. Pein adalah pendukung fanatik catur diwajibkan di sekolah, dan baru-baru ini membuat pengajuan agar olahraga tersebut dimasukkan dalam kurikulum nasional. Dia merekomendasikan bahwa kelas catur wajib setiap minggu untuk anak-anak kelas dua, atau kelas tiga Sekolah Dasar.

Grandmaster catur Inggris dan koresponden majalah Times, Raymond Keene, setuju dengan upaya menyasar anak-anak usia enam tahun untuk pelajaran wajib catur ini. Sebab itu adalah usia yang optimal untuk menyerap pelajaran dan mengembangkan potensi otak.

“Jika diajarkan dengan baik pada usia enam tahun, mereka bisa menjadi grandmaster pada usia 12,” katanya antusias.

Tentu Superkids penasaran juga kan, apa sih manfaat dari olahraga catur itu sendiri bagi kita?

(Bersambung)

 

NURUL L. IRFAN

SUMBER: http://www.bbc.com/

FOTO: 123RF

Share to :


Leave A Comment