Gulat, Olahraga Tertua di Dunia

 

Gulat adalah salah satu bentuk tertua dari pertarungan manusia. Gulat pernah dilakukan dalam Perang Troya pada abad ke-13 atau 12 SM. Bahkan, menurut gambar-gambar di gua di Perancis, orang sudah bergulat sejak 15.000 tahun lalu. Gulat juga bisa ditemukan dalam mitologi, seperti; mitologi Yunani yang merayakan kebangkitan Zeus sebagai penguasa Bumi, setelah bergulat mengalahkan ayahnya, Cronus.

 

Kenapa berlatih gulat itu perlu? Gulat melibatkan keseimbangan setiap aspek kondisi fisik dan psikologis. Kekuatan sama pentingnya dengan stamina. Kecepatan sama pentingnya dengan teknik. Strategi sama pentingnya dengan intensitas. Kekuatan sama pentingnya dengan koordinasi. Nggak ada raket atau bola, atau pemukul atau tongkat. Nggak ada sarung tangan tebal, pelindung kepala atau kaus. Nggak ada waktu memikirkan kembali strategi, menata diri, atau bahkan untuk menarik nafas. Hanya ada kita dan lawan yang sama berat dan ukuran dengan tubuh kita.

 

Cara mainnya? Seperti dikatakan sebelumnya, gulat melibatkan hampir setiap aspek kondisi fisik dan psikologis. Kekuatan sama pentingnya dengan stamina. Kecepatan tak beda dengan teknik, strategi intensitas. Kekuatan dianggap setara seperti koordinasi. Gulat membutuhkan koordinasi. Jadi, kita musti cerdik secara mental dan cepat secara fisik untuk memenangkan pertandingan.

 

 

TEGUH WAHYU UTOMO

FOTO: PHOTOS

Share to :


Leave A Comment