Teknologi yang Membantumu Lebih Sehat

Dunia olahraga terus berkembang dan teknologi punya peran besar memodernkannya.

 

Berkat teknologi, kita nggak perlu lihat adegan wasit dan pemain bertengkar di lapangan. Ngotot-ngototan soal bola masuk atau enggak, sudah jarang terjadi. Berkat teknologi juga, kita lebih terpacu meningkatkan kebugaran dengan melihat rekam jejaknya. Berikut ini beberapa kecanggihan yang banyak digunakan dalam pertandingan maupun bukan.

 

GOAL-LINE TECHNOLOGY

Gol atau keluar? Teknologi Garis-Gawang (GLT) membantu wasit membuat keputusan paling tepat. Inilah perangkat elektronik yang bertugas memantau apakah bola sudah sepenuhnya melewati garis gawang atau tidak. Tapi pakai GLT bukan berarti nggak perlu pakai wasit dan hakim garis lagi. Penggunaannya sekedar untuk membantu, bukan menggantikan peran mereka. Wasit-wasit lain di luar sepakbola juga akrab dengan teknologi sistem replay rekaman video dalam membuat keputusan yang benar.

 

HAWK-EYE TECHNOLOGY

Nah, ini sama seperti GLT, tapi lebih sering difungsikan di lapangan tenis. Hawk-Eye merupakan sistem komputer kompleks yang secara visual bisa melacak lintasan bola dan menampilkannya sebagai gambar bergerak. Kamera Hawk Eye bisa mengambil 600 frame dalam satu detik. Hasilnya langsung dianalisa komputer lalu dikirim ke headset atau alat yang dipakai di pergelangan tangan wasit. Untuk tenis, ada sepuluh kamera video berkecepatan tinggi yang merekam gambar dan penempatan waktunya. Kamera-kamera itu ditempatkan di sudut berbeda. Dengan Hawk-Eye, wasit bisa melihat catatan untuk memutuskan, apakah bola masuk atau keluar garis.

 

SPORTWATCH WITH GPS

Mungkin ini yang paling akrab dengan kita. Jam tangan ber-GPS dipakai jutaan orang di dunia untuk mendampingi berlari. Teknologi ini akan melacak rute, jarak tempuh, sampai kecepatan lari secara langsung. Bahkan, juga bisa tahu berapa jumlah kalori yang terbakar dan bagaimana denyut jantung kita. Alat ini membantu kita menetapkan target jarak dan waktu tempuh pribadi. Termasuk membandingkan kegiatan lari sekarang dengan yang kemarin-kemarin. “Dulu hanya bisa kira-kira, berapa kilometer saya lari. Pencatatan waktu juga kurang akurat. Hari ini saya langsung tahu semuanya hanya dengan melirik pergelangan tangan,” kata penghobi lari Anton Sanjaya.

 

DRYFEET

Kaki basah keringetan pasti akan mengganggu konsentrasi semua atlet. Tapi kita bisa memasang alat bernama Dryfeet ke sepatu dan membuat kaki terasa nyaman. Alat yang dikeluarkan Dryworld Industries ini bisa mengikuti bentuk alas kaki kayak apapun dan ukuran kaki berapun. Beratnya cuma 56 gram dengan tebal 2,5 milimeter. Dryfeet bisa dipakai semua atlet bersepatu (nggak termasuk yang pakai nyebur ke kolam ya). Wih, teknologi yang sangat berguna mengingat cuaca dunia yang nggak menentu.

 

HIGH-TECH SWIMWEAR

Yup, bahkan baju pun nggak luput dari sentuhan teknologi. Sejumlah brand olahraga ternama mengeluarkan baju renang berteknologi tinggi yang terus menjadi kontroversi. Baju ini berbahan poliuretan dan sudah terbukti sukses meningkatkan kecepatan melaju di dalam air. Gimana dia bekerja? Baju menekan badan berbentuk lebih hidrodinamik. Makanya yang pakai bisa bergerak halus, cepat dan tanpa lelah. Baju tanpa sambungan (karena sambungannya dibuat secara ultrasonik) ini sangat ringan dengan tingkat hambatan kurang dari enam persen. Ia juga dilengkapi fitur penstabil dari dalam, yang terus menjaga perenang memiliki konsistensi sepanjang lomba.

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: GUARDIAN

Share to :


Leave A Comment