Yuk Belajar Teknik Lari

Kamu suka olahraga lari Superkids? Saat ini banyak digelar lomba lari untuk anak-anak. Ternyata lari juga ada tekniknya lho!

Yang perlu kau lakukan cuma bangun dan lari. Ya, segampang itu, Superkids. Bahkan, lari harusnya jadi kegiatan paling alamiah tubuh manusia. Namun, teknik berlari yang salah malah bikin tubuh cedera. Mau lari lebih cepat, efisien dan bebas cedera? Bisa! Ikuti tipsnya berikut ini.

Berdiri tegak.

Postur yang baik membuat larimu efisien. Dengan punggung dan tubuh tegak, lebih mudah berlari secara efisien dan mengontrol nafas. Bagaimana melakukannya? Tegakkan kepala dan pandanglah lurus ke depan saat berlari.

Mendarat dengan kaki depan.

Kebanyakan pelari amatir mendarat dengan tumit. Ini menyebabkan cedera dan bikin larimu lebih lambat. Berlatihlah mendarat pakai kaki depan dengan skipping dan usahakan sesedikit mungkin kontak dengan tanah.

Gerakan tangan efisien.

Kamu sering kali lupa soal tangan saat berlari. Pergerakan tangan yang efisien dapat membantu ritme, keseimbangan dan kecepatan. Caranya, rilekskan bahu, tekuk lengan 90 derajat dan gerakkan tangan secara pelan ke depan melalui bahu.

Tarik nafas dalam-dalam.

Tariklah nafas melalui hidung dan hembuskan melalui mulut. Ini akan menolongmu menyerap lebih banyak oksigen dan membuat tubuhmu santai.

Sekarang, saatnya berlatih mempraktekkan tips-tips ini. Selamat berlari, Superkids! Dan jangan lupa ikuti Maratoonz di Jakarta Marathon 2015.

 

NURUL L. IRFAN

FOTO: GETTY IMAGES

 

Share to :


Leave A Comment