8 Aktivitas yang Bikin Tubuh Kita Sehat

 

Kalau tubuh kita sehat, kita bisa melakukan apa saja. Belajar jadi lebih mudah, bergaul dan bermain bersama teman juga lebih nyaman, dan yang terutama tubuh terasa segar. Sebaliknya, kalau kita terlalu banyak makan dan kurang bergerak, tubuh pasti terasa berat dan lemas. Nggak enak, kan?

 

Ternyata, olahraga itu gampang.  Berikut aktivitas sehari-hari yang bisa bikin tubuh kita selalu sehat dan segar.

 

Olahraga Sejam Sehari

Biasakan gunakan 60 menit dalam sehari untuk olahraga. Misalnya, 20 menit berjalan ke sekolah, 15 menit bermain di taman bermain saat istirahat pelajaran, 25 menit main basket atau bola, apakah untuk latihan ekstrakurikuler bersama tim atau sekadar tanding sama teman saja.

 

Ngemil Buah dan Sayur

Ngemil buah dan sayur sebanyak 5 porsi dalam sehari itu mengenyangkan perut dan memberikan vitamin dan antioksidan untuk tubuh. Tantangan nih, Superkids, namanya “rainbow challenge”. Berapa banyak buah dan sayur warna-warni yang bisa kamu makan dalam sehari?

 

Yoga Pagi Hari, Jalan-jalan Malam Hari

Ini olahraga yang (biasa) dilakukan dan baik untuk orangtua kita, tapi nggak ada salahnya kita ikut juga. Jalan-jalan seputar komplek atau rumah setelah makan malam dan latihan yoga dasar pada pagi haru sangat baik untuk tubuh.

 

No Soda!

Ganti minuman soda dengan air putih, susu low-fat, dan jus buah. Namun, batasi jus 4 – 8 gelas sehari, karena jus juga mengandung gula alami dan banyak kalori.

 

Kurangi Nonton

Nonton TV, main komputer atau video game selama 2 jam sehari, setelah itu matikan semua. Lebih baik manfaatkan untuk aktivitas yang bergerak, misalnya main petak umpet sama kakak atau adik.

 

Jangan Lupa Sarapan

Sarapan bisa mengurangi kita ngemil-ngemil makanan yang kurang sehat yang bikin tubuh kita bisa obesitas. Pilih sarapan buah, makanan yang mengandung protein, atau gandum.

 

Cukup Tidur di Malam Hari

Kalau kita banyak bergerak dalam sehari, biasanya kita bisa tidur nyenyak di malam hari. Cukup tidur akan membuat tubuh kita selalu sehat dan segar.

 

Makan di Rumah

Memang sih makan di kantin atau restoran-restoran cepat saji bersama teman itu menyenangkan, tetapi lebih baik makan di rumah. Yang pasti lebih sehat karena mama pasti memperhatikan kebersihan dan asupan kalorinya.

 

MAHARANI INDRI

FOTO: THINSTOCKS PHOTOS

 

Share to :


Leave A Comment