Cara Benar Gunakan Treadmill

 

Si mungil Meity dan bundanya sedang di gym. Hanya beberapa langkah di atas treadmill, ya ampun.. dia  langsung terpelanting ke belakang! Bukan cuma sakit di badan, Meity juga malu setengah mati karena diketawain orang. Dia berdiri dan berbicara dengan nada kesal pada treadmill, “Kamu harus membayar mahal untuk ini!”

 

Itu jelas bukan cara tepat menggunakan treadmill, Superkids. Untuk menghindari jatuh, nggak perlu mengancam dan pakai balas dendam segala. Cara yang tepat adalah kuasai benar bagaimana cara menggunakan treadmill. Kita bisa Tanya ke instruktur gym tentang itu. Berikut, Superkids Indonesia sebagai portal pendidikan anak, akan berbagi beberapa keterampilan dasarnya.

 

Pertama, keseimbangan. Berlatihlah jalan di atas treadmill seperti berjalan biasa. Gerak kaki juga penting. Latihlah berjalan dari tumit ke bagian depan telapak kaki seperti gerak alami. Pinggul nggak kalah berperan. Kita harus memiliki gerak ritmis dan alami di pinggul saat melangkah.

 

Kedua, kontrol treadmill. Perhatikan panel kontrol dan lihat mana tombol jeda dan tombol berhenti darurat. Jangan memulai treadmill saat kita sudah berdiri di atas belt; kita bisa jatuh. Yang benar, berdirilah di rel samping saat mengaktifkan treadmill. Lalu, gunakan satu kaki untuk mendapatkan irama, letakkan kedua kaki pada belt dan mulailah berjalan.

 

Kalau baru pertama kali pakai treadmill, genggam erat pegangan saat melangkah. Setelah merasa cukup nyaman, akan lebih mudah dan aman bila melepaskan pegangan. Ayunkan lengan seperti kalau berjalan normal di trotoar. Setelah itu, mulai tingkatkan kecepatan sedikit demi sedikit. Ingat ya, mesin treadmill ini bisa bergerak sangat cepat. Kalau kita meningkatkan kecepatan secara tiba-tiba, belt akan bergerak begitu cepat dan menyeret kita jatuh dari mesin – seperti yang dialalami Meity.

 

Atau, bagaimana kalau berjalan di luar saja?

 

 

TEGUH WAHYU UTOMO

FOTO: PHOTOS

Share to :


Leave A Comment