Kaya, Muda, Bugar; Siapa Mereka?

 

Ini bukan rahasia lagi. Kalau kita bisa lebih jago 99,99% menguasai bola dari orang lain di Bumi, kita bisa mendapatkan hidup yang lebih nyaman. Entah itu bola untuk sepakbola, tenis, basket, maupun golf, sama saja. Majalah Forbes merilis daftar terbaru 100 atlet berpenghasilan terbesar dunia 2014, Superkids. Kadang-kadang, terutama dalam tenis dan golf, penghasilan para atlet dari endorsement jauh lebih besar dari gaji pokoknya sendiri.

 

Tiger Woods (38) – Total Kekayaan USD 78,1 juta

Menyandang gelar Pegolf Terbaik Sepanjang Masa dan Pegolf Nomor 1 Dunia, Tiger Woods tercatat sebagai atlet paling kaya dalam sejarah. Dia menjuarai berbagai turnamen, yang nilai hadiahnya mencapai USD 15 juta. Setelah kecelakaan mobil saat akhir pekan Thanksgiving, kemudian bercerai dari Elin Nordegren, Woods kini kembali fokus ke pertandingan. Dia lagi-lagi menempati urutan pertama World Golf Rankings. Dari penghasilan totalnya sebesar USD 78,1 juta, yang USD 65 juta berasal dari endorsement saja.

 

Roger Federer (33) – Total Kekayaan USD 71,5 juta

Dengan gaji USD 6,5 juta dan endorsement USD 65 juta, pasti senang sekali menjadi seorang Roger Federer. Petenis asal Swiss ini punya endorsement portfolio paling mengesankan dalam olahraga profesional. 10 sponsor membayar Roger lebih dari USD 40 juta per tahun, termasuk kontrak multi-tahun dengan Wilson, Nike, Credit Suisse, dan Rolex. Urusan prestasi, Federer mencatat kemenangan tunggal dalam Grand Slam.

 

Kobe Bryant (36) – Total Kekayaan USD 61,9 juta

Kobe Bryant adalah pemain bergaji tertinggi di NBA dalam tiga tahun berturut-turut. Ia dibayar hampir USD 28 juta, alias USD 7 juta lebih besar dari pemain lain. Kobe menempati urutan keempat pencetak skor NBA terbanyak sepanjang masa, mengalahkan legendaris Wilt Chamberlain. Endorsement-nya termasuk Coca-Cola, Mercedes-Benz, Lenovo, Panini, dan tentu saja Nike.

 

LeBron James (30) – Total Kekayaan USD 59,8 juta

Kesuksesan LeBron James pada 2012 jelas mempengaruhi kelincahannya menghasilkan uang di tahun 2013. Pada 2012, James memenangkan gelar NBA pertamanya, liga MVP Award ketiga, dan medal emas Olimpiade keduanya. MVP Award ke-4 yang ia dapat usai musim 2012-13 menempatkannya ke dalam kelas eksekutif penghargaan NBA Hall of Famers. LeBron James adalah raja endorsements NBA dengan bayaran per tahun USD 42 juta.

 

Drew Brees (35) – Total Kekayaan USD 51 juta

Baru 1,5 tahun lalu Drew Brees teken perpanjangan kontrak USD 100 juta untuk lima tahun dengan New Orleans Saints. Deal-nya termasuk bonus sebesar USD 37 juta. Kesepakatan manis ini jelas merupakan reward atas gelar Super Bowl dan enam pemilihan Pro Bowl. Dia merupakan salah satu pemilik endorsement portfolio terbaik di NFL, yang dikontrak klien besar seperti Nike, Procter & Gamble, Verizon, Pepsi, dan Wrangler.

 

Aaron Rodgers (31) – Total Kekayaan USD 49 juta

Perpanjangan kontrak terbaru Aaron Rodgers dengan Green Bay Packers menjadikannya pemain berpenghasilan tertinggi di NFL. Selama beberapa musim terakhir, Rodgers memang merupakan salah satu pemain terbaik NFL. Pada 2013, Packers and Rodgers setuju mengontraknya lima tahun lagi sebesar USD110 juta dengan bonus USD 35 juta. Ia juga mendapat bonus USD 62,5 juta dari kontrak perdananya USD 110 juta selama tiga tahun.

 

Phil Mickelson (44) – Total Kekayaan USD 48,7 juta

Phil Mickelson sekarang adalah anggota World Golf Hall of Fame, tempat bagi seseorang dengan 41 kemenangan PGA, USD 70 juta hadiah uang sepanjang karir, dan empat gelar besar. Phil juga punya USD 44 juta endorsement dari Rolex, Callaway, KPMG, Exxon, da Barclay’s.

 

David Beckham (39) – Total Kekayaan USD 47,2 juta

David Beckham mengumumkan pensiun dari dunia sepakbola profesional pada 2013, setelah 21 tahun berkarir, dan baru lima bulan bermain untuk Paris Saint-Germain. Udah deh, dia sejak lama dikenal sebagai bintang dan punya penghasilan sampingan endorsement lebih banyak dari yang didapat di lapangan hijau. Ikon sepakbola ini menerima USD 42 juta dari endorsement dan sponsorship seperti Adidas, H&M, Samsung, dan Breitling. Oh, btw, Becks menyumbangkan seluruh gaji terakhirnya sebanyak USD 5,2 juta untuk panti asuhan di Paris.

 

Cristiano Ronaldo (29) – Total Kekayaan USD 44 juta

Cristiano Ronaldo meraih gelar World Player of the Year dari FIFA pada 2013, setelah tahun sebelumnya berada di posisi kedua setelah Lionel Messi. Dia mencetak 60 gol dalam 55 pertandingan. Pesepakbola asal Portugis ini mendapat penghasilan USD 23 juta dari bermain bola dan USD 21 juta dari endorsement.

 

Lionel Messi (27) – Total Kekayaan USD 41,3 juta

Inilah bintang fenomenal yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan. Pada 2012, Lionel Messi mencetak 91 gol, memecahkan rekor 40 tahun yang dibuat Gerd Muller dengan 85 gol. Di tahun yang sama, Messi juga memenangkan gelar bergengsi World Player of the Year dari FIFA untuk yang keempat kali. Barcelona menghadiahinya dengan perpanjangan kontrak sebesar lebih dari USD 20 juta per tahun sepanjang musim 2018. Kabar lainnya, Messi menjadi pesepakbola kedua yang mendapat ikon signature line dari Adidas (yang pertama jelas David Beckham).

 

 

FOTO: NSPN

Share to :


Leave A Comment