Sebelum Latihan Bela Diri

 

Mungkin kita baru saja nonton film silat dan ingin bisa beraksi dengan jurus-jurus dahsyat. Mungkin kita ingin membela diri karena sering diganggu anak lain. Mungkin kita ingin memperbaiki diri secara fisik, mental dan spiritual. Atau, entah apa lagi alasannya. Lalu, kita memutuskan berlatih seni bela diri tertentu.

 

Sebelum berlatih, coba tanyakan pada diri sendiri;

 

Apakah jenisnya, klubnya atau dojonya sudah pas? Tempat yang kita pilih untuk belajar bela diri sama pentingnya dengan jenis yang kita pilih. Dojo yang baik membuat kita belajar lebih banyak dan gampang menguasai jurusnya. Dojo buruk menghambat kita mempelajari bela diri. Instruksi yang buruk saat latihan juga bisa menyesatkan cara berpikir kita dalam pertarungan.

 

Mau belajar dengan senjata? Dalam seni bela diri, ada banyak jenis senjata. Jadi, pertimbangkan dulu apa jenis senjatanya. Apa kita ingin belajar pakai senjata modern, atau senjata kuno? Apakah kita ingin fokus pada pedang atau toya?

 

Kenal dengan keterbatasan fisik sendiri? Dalam kondisi baik, kita bisa mengambil jurus dan teknik apa pun. Kalau punya cedera lama, kita perlu menyesuaikan bagaimana latihan mempengaruhi kesehatan dan tubuh. Misalkan ada masalah tahunan di pergelangan atau jari, hapkido yang terlalu fokus ke sendi bisa membuat kita tidak nyaman.

 

Sudah siap membayar? Beberapa klub atau dojo mensyaratkan bayar lebih mahal, beberapa lainnya terjangkau gratis di lingkungan. Selain biaya latihan, kita pun harus mempertimbangkan biaya tidak langsung. Jangan lupa, kita juga harus meluangkan waktu. Gunakan dengan bijak waktu untuk belajar bela diri dan untuk hal-hal lain yang harus kita lakukan dalam hidup.

 

 

Nah, silakan berangkat…. !

 

 

TEGUH WAHYU UTOMO

FOTO: THINKSTOCK

Share to :


Leave A Comment