Yang Boleh dan Jangan di Playground

 

Waktu lari-lari, berkejaran, memanjat, dan lompat-lompatan di playground, kita sebenarnya juga sedang berolahraga. Ini kegiatan membakar kalori yang -tanpa sadar- kita lakukan dengan gembira. Masalahnya, Superkids, saking senangnya, kita sering lupa satu hal. Aktivitas di playground itu juga bisa membuat kita cedera. Mommy pasti nggak happy kalau kita pulang dengan siku rada lecet, lutut memar, atau pergelangan kaki nyut-nyutan.

 

Gimana caranya biar bahaya itu bisa kita hindari? Apa yang musti diperhatikan agar tetap aman bermain sambil olahraga di sana? Karena Mommy dan nanny nggak mungkin mengawasi dan membuntuti kita terus saat di playground, ada aturan umum yang harus kita perhatikan sebelum bermain.

 

Boleh:

  • Kalau mau lompat, pastikan nggak ada anak lain yang bakal tertabrak di tempat kita akan mendarat.
  • Parkir sepeda, simpan tas dan barang-barang lainnya jauh dari area bermain. Kalau enggak, bisa-bisa ada yang jatuh tersandung nanti.
  • Pakai sunscreen saat bermain di playground luar ruangan, walau matahari sedang nggak galak. Ini mencegah kita mengalami sunburn. Kita nggak mungkin cuma main sebentar, kan?

 

Jangan:

  • Mendorong dan bergelut di jungle gym, monkey bar, perosotan,papan jungkit, ayunan dan peralatan bermain lain.
  • Mendarat dengan satu kaki saat melompat. Tetap gunakan dua kaki dengan lutut agak ditekuk.
  • Berdiri saat bermain ayunan.
  • Meluncur di perosotan dengan kepala duluan.
  • Memanjat pagar bagian luar.
  • Pakai kalung panjang dan baju bertali-tali. Kalau nyangkut, kita bisa tercekik. Ih, seram!

 

Oh, iya. Satu lagi, nih, Superkids. Kita juga harus perhatikan kondisi peralatan bermainnya. Apa ada bagian yang rusak, retak, atau bahkan patah? Apa banyak kotoran kecil seperti remah-remah biskuit, daun kering, atau kerikil? Peralatan di playground sebaiknya nggak dipakai saat basah. Beberapa titik embun saja sudah bisa bikin kita terpeleset karena permukaannya licin (pernah mengalami?).

 

Saat musim kemarau dan playground berada di luar ruangan, peralatan bermain juga bisa jadi sangat panas. Coba saja sentuh perosotan berbahan metal. Kalau terasa panas, berarti belum aman untuk dipakai sekarang. Yuk, main yang lain dulu.

 

Selamat bermain!

 

 

 

HAFIDA INDRAWATI

FOTO: THINKSTOCKS

Share to :


Leave A Comment