Semarak Peringatan Hari Pramuka Di Jakarta

 

Peringatan Hari Pramuka ke-53 tahun ini diperingati secara serentak di Indonesia. Semua sekolah mulai tingkat dasar memperingatinya dengan berbagai kegiatan. Ada upacara, lomba, sampai berkemah. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengeluarkan surat edaran No 0520-00-A, dengan merencanakan berbagai kegiatan, antara lain bakti  masyarakat berupa kegiatan donor darah dan bakti Pramuka Peduli Lebaran.

 

Tema tahun ini adalah “Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi”. Apel Besar-nya 14 Agustus di Cibubur, yang dihadiri Presiden SBY.

 

Dalam surat edaran Kwartir Nasional menghimbau seluruh jajaran Gerakan Pramuka baik di dalam negeri maupun luar negeri, untuk menyelenggarakan peringatan sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah.

 

Di Jakarta sendiri, banyak SD yang mengadakan kegiatan. Seperti halnya SD-SD di Kecamatan Kebon Jeruk. Kwartir Ranting Kebon Jeruk pada 13 Agustus lalu telah menggelar “Lomba Permainan Besar Siaga”. Ada lomba bola gila, lomba menggiring bola, lomba holahop, lomba sungai beracun, dan lomba mencari harta karun.

 

“Kegiatan peringatan Hari Pramuka di Kebon Jeruk menjadi agenda tahunan. Tahun ini diikuti 38 SD se-Kebon Jeruk, dengan 76 barung (regu).  Ada 38 barung untuk regu putra, dan 38 barung regu putri. Satu barung terdiri dari 6 siswa. Acara dimulai dari jam 8 pagi hingga siang hari,” jelas Murodikarta, Wakabinawasa Kwartir Jakarta Barat, yang juga  Pengawas SD Kebon Jeruk, pada SuperkidsIndonesia.

 

Dan pemenang untuk kelompok putra: juara I SDN Duri Kepa 06, juara II SDN Sukabumi Selatan 05, juara III SDN Kelapa Dua 01, juara harapan SDN Kebon Jeruk 06. Sedangkan pemenang kelompok putri: juara I SDN Sukabumi Utara 04, juara II SDN Kebon Jeruk 01, juara III SDN Kebon Jeruk 18 dan juara harapan SDN Sukabumi Selatan 06.

 

Pagi harinya, 14 Agustus, Gubernur DKI Jakarta yang juga presiden terpilih Joko Widodo menyampaikan sambutan di depan ribuan siswa Pramuka dalam upacara HUT Gerakan Pramuka di pelataran Monumen Nasional, Jakarta. Jokowi hadir sebagai Ketua Dewan Majelis Pembina Pramuka DKI. Siswa dari tingkat SD-SMA se-DKI Jakarta yang menjadi peserta upacara. Bagaimana dengan Superkids, ikut upacara pramuka tidak di sekolahmu?

 

NURUL L. IRFAN

FOTO: NURUL L. IRFAN

 

 

Share to :


Leave A Comment